Iklan dempo dalam berita

Tradisi Unik, Setiap Tahun Masyarakat di Daerah Ini Berjalan Kaki hingga 100 Km untuk Bertemu Pejabat

Tradisi Unik, Setiap Tahun Masyarakat di Daerah Ini Berjalan Kaki hingga 100 Km untuk Bertemu Pejabat

Tradisi Seba, masyarakat baduy berjalan kaki hingga 100 KM--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Suku Baduy sangat terkenal di Indonesia. Suku ini mendiami wilayah Jawa Barat dan tetap ada sampai sekarang.

 

Selain tempat tinggal yang begitu asri, Suku Baduy juga memiliki berbagai tradisi yang unik. Diantaranya tradisi Seba. 

 

Tradisi Seba yang dilaksanakan masyarakat Baduy sebagai wujud rasa syukur setelah panen hasil bumi selama setahun sehingga memberikan kehidupan yang lebih baik. 

 

Dalam tradisi itu, warga Baduy menempuh perjalanan ke kota dengan membawa hasil bumi untuk disampaikan kepada kepala pemerintah daerah yang kerap disebut ‘Bapak Gede’ sebagai bentuk ketulusan dan keikhlasan yang diungkapkan setiap tahun. 

BACA JUGA:Ada di Indonesia, Tradisi Pria dan Wanita Berpelukan Massal Terkadang Sampai Berciuman

 

Warga Baduy dalam memakai seragam putih-putih, datang berjalan kaki selama kurang lebih 12 jam menempuh jarak lebih dari 100 kilometer, sedangkan warga Baduy Luar diperbolehkan naik kendaraan dengan pakaian warna hitam. 

 

Dipimpin Pu'un serta wakil 12 tokoh adat masyarakat Baduy atau Jaro Tangtu 12, Jaro Pamarentah (Kepala Desa) dan Penasihat warga Baduy ‘Ayah Mursid’, mereka mulai melakukan perjalanan.

 

Saat menghadap bupati dan gubernur, mereka meminta pemerintah agar bisa melindungi alam dan kelestarian hutan serta menegakkan hukum demi ketenteraman dan keselamatan masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: