Iklan dempo dalam berita

472 Benda Bersejarah Milik Indonesia yang Dijarah Kolonial Belanda Dikembalikan

472 Benda Bersejarah Milik Indonesia yang Dijarah Kolonial Belanda Dikembalikan

472 Benda Bersejarah Milik Indonesia yang Dijarah Kolonial Belanda Dikembalikan--Foto-Museum Nasional

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Untuk yang kesekian kalinya, pemerintah Belanda ancang-ancang untuk mengembalikan ratusan benda bersejarah yang dirampas dari masa kolonial. Tak hanya ke Indonesia, Belanda juga bakal merepatriasi sejumlah artefak ke Sri Lanka.

 

BACA JUGA:Sebelum Berkunjung ke Jam Gadang, Ini Fakta Menariknya, Ternyata Hadiah dari Ratu Belanda

 

Total akan ada 472 benda bersejarah yang akan dikembalikan ke Indonesia. Saat ini, ratusan benda itu masih tersimpan di Rijksmuseum dan Nationaal Museum van Wereldculturen.

 

Mengutip rilis di laman resmi pemerintah Kerajaan Belanda, Kamis (6/7/2023), total 472 artefak yang akan dipulangkan ke Indonesia itu berupa 335 benda rampasan dari Lombok, 132 benda seni koleksi Pita Maha dari Bali, empat patung era Kerajaan Singhasari, dan satu keris Klungkung.

 

BACA JUGA:Empat Tempat Ini Katanya Menyimpan Emas Peninggalan Sejarah

 

“Ini merupakan momen bersejarah. Untuk pertamakalinya, berdasarkan saran dari Comissie Koloniale Collecties, kami mengembalikan benda-benda yang semestinya tidak berada di Belanda,” kata Menteri Muda urusan Kebudayaan dan Media Belanda Gunay Uslu.

 

Menteri Uslu berharap bisa bekerjasama dengan baik dengan pihak Indonesia dan Sri Lanka dalam hal proses repatriasinya. “Semoga kami bisa bekerja lebih intens, contohnya dalam hal riset koleksi, presentasi, dan pertukaran para pakar museum,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: