Iklan dempo dalam berita

Mesin Cetak KTP Kembali Rusak, Dukcapil Kaur Pinjam Pakai Alat ke Bengkulu

Mesin Cetak KTP Kembali Rusak, Dukcapil Kaur Pinjam Pakai Alat ke Bengkulu

Mesin Cetak KTP Kembali Rusak, Dukcapil Kaur Pinjam Pakai Alat ke Bengkulu--

KAUR, RBTVCAMKOHA.COM - Lagi - lagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kembali mengalami kendala dalam mencetak KTP Elektronik. Sudah satu bulan, mesin pencetakan KTP Elektronik milik Dukcapil Kaur kerap mengalami kerusakan.

BACA JUGA:Orang Tanggal Lahir Berikut Pintar Cari Uang, Instingnya Kuat Cocok Punya Usaha Sendiri

Akibat kerusakan tersebut, aktivitas pencetakan KTP Elektronik terhambat dan terhenti. 

Diakui Kepala Dinas Dukcapil Kaur Sustar, mesin yang sudah usang dan tua tersebut sudah seringkali diservice ataupun rusak. 

Sustar mengaku, baru mencetak sekitar 300 hingga 400 KTP dari blangko yang baru didapat dari Kementerian namun  mesin sudah rusak. Sedangkan untuk mengganti mesin percetakan KTP Elektronik, Duckapil belum memiliki anggaran.

BACA JUGA:Jadi Temuan BPK, 386 Bidang Lahan Pemkab Lebong Belum Disertifikat

Sementara itu  untuk menghandel pencetakan pihaknya mendapatkan fasilitas pinjam pakai mesin dari Dukcapil Provinsi Bengkulu selama 6 bulan ke depan.

Dikatakan Sustar, dalam satu dan dua hari ke depan setelah pencocokan server mesin dari Dukcapil Bengkulu, akan segera dapat digunakan pencetakan KTP kembali.

BACA JUGA:Lolos Seleksi, 331 Tenaga PPPK Kepahiang Belum Miliki NIP

“Selama ini kendala kita, sebelumnya blangko KTP belum ada waktu itu dan pas bulan-bulan kemarin dapat 1000 lebih. Kita mulai cetak sekitar 300 sampai 400 mesin gangguan. Tetapi kalau mau beli itu belum terjangkau, jadi kita berpikir inisiatif dan berangkat ke Bengkulu untuk pinjam pakai dengan Provinsi, tapi untuk jangka waktu 6 bulan,” kata Sustar (6/7).

Di sisi lain, Sustar juga menjelaskan, selain sudah berumur dan usang, kendala kelistrikan yang sering padam dan tegangan naik turun juga membuat peralatan rusak.

Febrianto Romadhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: