Iklan dempo dalam berita

Apa Iya Orang Miskin Lebih Dulu Masuk Surga? Bagaimana Orang Kaya Dermawan?

Apa Iya Orang Miskin Lebih Dulu Masuk Surga? Bagaimana Orang Kaya Dermawan?

Orang miskin lebih dulu masuk surga, bagaimana orang kaya dan dermawan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bukan hanya orang beriman, orang miskin juga disebut Rasulullah SAW bakal lebih dulu masuk surga.  

 

Meskipun hanya memiliki waktu jeda setengah hari lebih cepat, perlu diingat bahwa hitungan waktu di dunia dan akhirat sangat jauh berbeda.  

 

Ada sejumlah riwayat yang mengisahkan tentang orang-orang fakir yang lebih dulu masuk surga sebelum orang kaya. Dikatakan, jarak antara keduanya selama 500 tahun kehidupan dunia. 

BACA JUGA:Arisan Pakai Biaya Admin, Apakah Termasuk Riba? Seperti Ini Penjelasan Buya Yahya

 

Kisah ini turut diceritakan Imam Ibnu Katsir dalam salah satu kitabnya yang berjudul An-Nihayah fi al-Fitan wa al-Malahim dan diterjemahkan oleh Ali Nurdin. 

 

Ia menukil riwayat Imam Ahmad dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Orang-orang muslim yang fakir lebih dahulu masuk surga daripada orang-orang kaya dengan rentang waktu setengah hari, yaitu setara dengan lima ratus tahun kehidupan dunia." 

 

At Tirmidzi dan Ibnu Majah juga meriwayatkan hadits serupa dengan redaksi yang sangat panjang. Hadits ini juga memiliki jalur dari Abu Hurairah. At Tirmidzi mengatakan hadits tersebut hasan shahih. 

BACA JUGA:Mencuat Wacana PPPK Paruh Waktu, Begini Skema Penyelamatan Tenaga Honorer

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: