Iklan dempo dalam berita

Jarang Terekspose, Begini Jasa Masyarakat Tionghoa dalam Kemerdekaan Indonesia, Banyak Berkarir di Angkat Laut

Jarang Terekspose, Begini Jasa Masyarakat Tionghoa dalam Kemerdekaan Indonesia, Banyak Berkarir di Angkat Laut

Peran masyarakat tionghoa dalam kemerdekaan Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Warga Indonesia keturunan Tionghoa patut berbangga. Karena dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, peranan masyarakat Tionghoa tidak bisa dikesampingkan.

 

Walau jarang tertulis dalam sejarah, namun masyarakat keturunan Tionghoa memiliki jasa besar dalam merebut kemerdekaan.

 

Kiprah masyarakat etnis Tionghoa dalam ketentaraan di Indonesia sejatinya sudah ada sebelum perang kemerdekaan dan selama perjuangan merebut kemerdekaan. Sebelum Indonesia merdeka, terutama pada masa pemerintahan kolonial Belanda, banyak warga keturunan Tionghoa yang bahu-membahu bersama pejuang Indonesia melawan penjajah, karena sejatinya Keturunan Tionghoa telah ada di negeri ini berabad-abad sebelum kemerdekaan. 

 

Kiprah serupa terjejak menjelang dan pada awal kemerdekaan. Pada masa revolusi fisik mempertahankan kemerdekaan yang baru diproklamasikan, banyak anggota masyarakat keturunan Tionghoa yang bergabung dalam laskar pemuda pejuang. 

BACA JUGA:Terbongkar, Ini 8 Rahasia Orang Tionghoa Sukses Menjadi Pengusaha

 

Ketika pemerintah resmi membentuk tentara, seperti halnya anggota laskar yang lainnya, tidak sedikit dari anggota laskar keturunan Tionghoa yang memilih kembali menjadi masyarakat sipil atau profesi sebelumnya. Sebaliknya, tidak sedikit pula yang bergabung dalam institusi tentara. 

 

Peluang warga keturunan Tionghoa menjadi tentara, juga tidak pernah tertutup atau ditutup. Seperti suku-suku lain di Indonesia, mereka memiliki hak yang sama. 

 

Bukti keterlibatan keturunan Tionghoa jelas terlihat saat agresi militer Belanda, para pejuang keturunan Tionghoa ikut terlibat dalam pertempuran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: