Iklan dempo dalam berita

Sholat Sambil Tutup Mata Agar Khusyuk Bagaimana Hukumnya? Ini Penjelasan UAS

Sholat Sambil Tutup Mata Agar Khusyuk Bagaimana Hukumnya? Ini Penjelasan UAS

Sholat Sambil Tutup Mata Agar Khusyuk Bagaimana Hukumnya? Ini Penjelasan UAS--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi penting buat kita. Terkadang saat mengerjakan sholat, kita menutup mata biar khusyuk. Lantas bagaimana hukumnya, makanya Ustad Abdul Somad (UAS) akan menjelaskannya.

Penjelasan itu dijabarkan oleh UAS usai seorang jamaah bertanya mengenai hukumnya jika sholat sambil menutup mata agar menjadi lebih khusyuk. 

UAS menjelaskan bagaimana sahabat saat sholat bersama Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi.

BACA JUGA:Ternyata Anggota Tubuh Kita Satu Ini Penyelamat Siksa di Hari Akhir, Gus Baha: Jangan Diubah!

“Saat itu Nabi membuka slop (sandal), kemudian semua sahabat membuka slopnya. Kira-kira sahabat Nabi buka mata atau pejam mata?" papar Ustaz Abdul Somad. 

UAS kemudian menjelaskan bahwa saat itu para sahabat membuka mata saat sholat, karena jika menutup mata maka mereka tidak akan tahu hal tersebut. Ustaz Abdul Somad kemudian menjelaskan salah satu hadits Nabi yang berbunyi: “Bunuhlah dua yang hitam ketika kau sedang sholat. Apa yang hitam itu, kalajengking dan ular”.

BACA JUGA:Sholawat Fatih, Baca Setelah Sholat Fardhu InsyaAllah Diselamatkan dari Api Neraka

Menurut UAS, jika hal tersebut terjadi, tidak mungkin para sahabat membunuh kedua hewan itu jika mata mereka terpejam saat sholat. 

Jadi kata UAS, sholat dengan mata terbuka. Namun ada saat tertentu mata kita harus tertutup.

“Saya pernah mengalami, pas di depan saya sholat. Ada seorang pakai baju kaos, tertulis di belakangnya dengan tulisan hidup memang susah, jangan bikin susah,” ujar UAS. Maka jika hal demikian membuat Anda tidak khusyuk saat shalat dibolehkan menutup mata. 

UAS kemudian berpesan agar setiap muslim jangan pergi sholat ke masjid dengan baju bergambar atau bertuliskan sesuatu hal yang akan dibaca orang. Hal ini menurut UAS bukan berbicara sah atau tidaknya salat. Namun bagaimana pengaruhnya terhadap pelaksanaan ibadah itu sendiri.

BACA JUGA:Usai Sholat Dhuha Jangan Lupa Baca Dzikir dan Wirid Berikut, InsyaAllah akan Dimudahkan Mencari Rezeki

Dalam Al-Qur’an dijelaskan perintah sholat lima waktu. Bahkan dalam sebuah surah disebutkan langsung nama sholat Isya' dan sholat Subuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: