Iklan dempo dalam berita

Berani Coba? Tarian Ini Namanya Salai Jin, Meski Horor Namun Maksudnya Baik

Berani Coba? Tarian Ini Namanya Salai Jin, Meski Horor Namun Maksudnya Baik

Tari Salai Jin dari Ternate--

Konon tarian yang menjadi tradisi cara memanggil jin ini adalah bagian dari tradisi megalit. Bellwood (1978) berpendapat tradisi megalit di Maluku Utara jika dilihat dari tipologinya sangat memungkinkan berusia lebih tua dari tradisi megalitik yang berkembang di Indonesia bagian barat.

 

Ketika itu tari Salai Jin diyakini dapat menghubungkan manusia dengan alam roh para leluhur (jin) yang bisa memberi bantuan dalam menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi.

BACA JUGA:Cara Cepat Transfer GoPay ke DANA 2023, Hitungan Detik Selesai

 

Misalnya ada wabah penyakit yang menimpa satu keluarga. Bahkan cara memanggil jin lewat tari Salai Jin bisa digelar jika ada masalah dalam keluarga seperti jodoh dan percintaan, tujuannya tentu agar mendapat solusi dari jin.

 

Awalnya, tarian ini tidak boleh sembarangan ditarikan. Bahkan hanya orang-orang pilihan seperti dukun yang bisa membawakan tarian ini. 

 

Namun seiring perkembangan waktu, akhirnya tarian Salai Jin mengalami beberapa modifikasi dan menjadi atraksi pariwisata unggulan di Ternate.

 

Cara memanggil jin juga sudah banyak berubah. Bakaran kemenyan tidak lagi menjadi keharusan dan dapat digantikan dengan arang biasa yang berasal dari tempurung kelapa. Selain itu, pakaian para penari pun sudah mengikuti gaya modern dengan warna-warna mencolok yang menarik untuk dilihat.

 

Biasanya tari Salai Jin dilakukan secara berkelompok. Tidak ada masalah bila yang menari semua pria atau campuran antara pria dan wanita. Mereka meyakini jumlah sang penari dalam tradisi memanggil jin ini haruslah genap agar terhindar dari malapetaka.

BACA JUGA:Paling Cepat Cair, Ini Rekomendasi 8 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis untuk Kamu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: