Iklan RBTV Dalam Berita

Kisah Sukses BUMDes, Punya Ratusan Karyawan dan Omzet Puluhan Miliar, Dulu Desa Kecil sekarang Sudah Maju

Kisah Sukses BUMDes, Punya Ratusan Karyawan dan Omzet Puluhan Miliar, Dulu Desa Kecil sekarang Sudah Maju

Kisah sukses BUMDes Payang Sejahtera--

Ketika BUMDes Payang Sejahtera mendapatkan pekerjaan menyuplai air minum di 5 perusahaan batubara. BUMDes memilih merekrut tiga depo air minum masyarakat desa untuk bermitra dan menyuplai kebutuhan air minum.

 

BUMDes Payang Sejahtera menyadari betul posisi mereka yang tidak boleh menjadi pesaing bagi usaha warga. Mereka kemudian membangun Pola kemitraan dengan masyarakat sehingga BUMDes menjadi inisiator dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

 

BUMDes Payang Sejahtera sudah memikirkan rencana masa depan pasca tambang batubara. Keuntungan di setiap usaha dijadikan modal pengembangan unit bisnis di masa yang akan datang. Tercatat ada Sembilan usaha yang sedang direncanakan.

Salah satunya pabrik kompos. Pabrik kompos ini juga masuk dalam kategori isu lingkungan.

 

Pupuk kompos yang dibuat berbahan dasar limbah tandan buah sawit dari pabrik pengolahan minyak kelapa sawit. Limbah yang melimpah tentu jadi modal berharga mengingat sisa tanda buah kelapa sawit selama ini hanya dibuang.

BACA JUGA:Melamun Tidak Dapat Uang, Mending Kerjakan Perintah Ini, Nanti Dapat Saldo DANA Kaget Rp 250 Ribu

 

Uji laboratorium dari hasil pembuatan Kompos di desa ini melebihi standar yang disyaratkan Peraturan Menteri Pertanian.

 

BUMDes Payang Sejahtera kini bersiap menjadi perusahaan yang sesungguhnya. Pengalaman usaha dan rencana masa depan membuat warga desa kini tak perlu khawatir soal kesejahteraan. BUMDes Payang Sejahtera adalah potret nyata tumbuhnya ekonomi warga dari desa, dari pinggiran, untuk Indonesia maju, Indonesia yang lebih baik.

 

Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: