Iklan dempo dalam berita

5 Provinsi di Indonesia Ini Penduduknya Berumur Panjang, Gak Kalah dengan Wilayah Zona Biru

5 Provinsi di Indonesia Ini Penduduknya Berumur Panjang, Gak Kalah dengan Wilayah Zona Biru

5 Provinsi di Indonesia Ini Penduduknya Berumur Panjang, Gak Kalah dengan Wilayah Zona Biru--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Belakangan ini kita sering mendengar dan membaca istilah zona biru, sebutan untuk suatu wilayah yang penduduknya memiliki umur yang panjang. 

BACA JUGA:Lubang Hitam Lebih Besar dari Matahari Ditemukan, Seluruh Isi Alam Semesta akan Tersedot, Benarkah?

Biasanya, penduduk di wilayah zona biru ini dapat hidup hingga lebih dari 100 tahun. Nama yang paling santer disebutkan adalah Okinawa, sebuah wilayah kepulauan yang berada di arah selatan pulau-pulau utama Jepang. Di sana, sebagian besar penduduknya memiliki umur rata-rata di atas 100 tahun, tapi beraktivitas seperti biasa sebagaimana halnya penduduk usia produktif.

Namun ternyata ada provinsi di Indonesia yang penduduknya juga bisa berumur panjang. Tidak kalah dengan zona biru. Namun memang negara kita tidak masuk dalam kategori zona biru, karena memiliki angka harapan hidup yang tergolong rendah. 

BACA JUGA:Hindari, Kebiasaan Berikut Katanya akan Menghambat Rezeki, Diantaranya Cara Kita Menyisir Rambut

Angka harapan hidup adalah rata-rata perkiraan banyaknya tahun yang dapat ditempuh oleh seseorang sejak lahir.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), angka harapan hidup penduduk Indonesia pada tahun 2022 lalu 71,85. Artinya, rata-rata umur penduduk Indonesia, ada di kisaran 71-72 tahun. Selisih yang cukup jauh jika dibandingkan dengan penduduk Okinawa tadi.

Meskipun begitu, ada beberapa provinsi di Indonesia yang memiliki angka harapan hidup yang tinggi, jika dibandingkan dengan provinsi lainnya. Provinsi-provinsi tersebut dihuni oleh penduduk yang rata-rata berumur panjang. 

BACA JUGA:Ada Uang Kuno Rp 100 Gambar Kapal Pinisi Bisa Dapat Motor, Benarkah? Ayo Cek di Sini

Mau tahu? Berikut daftar provinsi di Indonesia yang penduduknya berumur panjang. 

5. DKI Jakarta 

Meski katanya tingkat polusi udara sudah demikian parah dan cenderung beracun, namun data menunjukkan bahwa penduduk di sana memiliki umur yang panjang. 

Angka harapan hidup penduduk DKI Jakarta ada di angka 73,32. Angka ini terbilang tinggi dan berada di atas rata-rata angka nasional. Kenapa bisa begitu? Jawabannya ada dua kemungkinan.

Pertama, ada begitu banyak fasilitas kesehatan yang lengkap dan modern di sana, sehingga memudahkan warganya untuk berobat. Kedua, bisa jadi karena tingginya Upah Minimum Provinsi (UMP), sehingga warganya bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: