Iklan dempo dalam berita

Rawa Gambut 200 Hektare di Pulau Enggano Terbakar, Proses Pemadaman Terhambat Peralatan

Rawa Gambut 200 Hektare di Pulau Enggano Terbakar, Proses Pemadaman Terhambat Peralatan

200 Ha rawa gambut di Pulau Enggano terbakar--

BENGKULU UTARA, RBTVCAMKOHA.COM - Kebakaran lahan terjadi di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Minggu (17/9), tepatnya di ujung Desa Banjar Sari, Kecamatan Enggano.

 

Lokasi api pertama kali terdeteksi dari citra satelit sekitar pukul 08.00 WIB dan baru dapat dipadamkan sekitar pukul 16.30 WIB oleh personel Koramil 423-06 Enggano bersama Personel Polsek Enggano dan dibantu perangkat Desa Banjar Sari.

 

Dandim 0423 Bengkulu Utara Letkol Kav. Aidil Hajri M. Han menyampaikan, kebakaran lahan seluas kurang lebih 200 hektar terjadi di area rawa gambut. Api dengan sangat cepat membesar lantaran lahan dipenuhi dengan ilalang kering.

 

Untuk penyebabnya belum diketahui dan masih dalam proses penyelidikan. "Untuk luas yang terbakar diperkirakan setengah hektar. Untuk penyebabnya masih dicari tahu," kata Dandim.

BACA JUGA:KUR BRI Plafon Rp30 Juta Angsuran Cuma Rp500 Ribuan per Bulan, Mudah Cair dan Bisa Online

 

Letkol Kav. Aidil menyampaikan, proses pemadaman yang dilakukan hanya menggunakan alat seadanya. Karena untuk sampai ke titik api harus menyeberang laut dengan perahu selama 30 menit.

 

"Akses ke lokasi titik api hanya bisa menggunakan perahu. Jadi anggota saat memadamkan api hanya menggunakan alat seadanya," tambah Dandim.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: