Iklan dempo dalam berita

Warga Harus Tahu, Ini 10 Dampak El Nino Bagi Kesehatan, Nomor 9 Menakutkan

Warga Harus Tahu, Ini 10 Dampak El Nino Bagi Kesehatan, Nomor 9 Menakutkan

Warga Harus Tahu, Ini 10 Dampak El Nino Bagi Kesehatan, Nomor 9 Menakutkan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Seluruh warga harus tahu, ternyata fenomena El Nino tak hanya menyebabkan kekeringan. Tapi sedikitnya ada 10 dampak bagi kesehatan yang bisa terjadi akibat El Nino. 

BACA JUGA:Kerjasama dengan Kejari, Provider Bayar Tunggakan Retribusi Rp158 Juta

Cuaca ekstrem akibat El Nino juga berdampak buruk sejumlah masalah kesehatan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak fenomena El Nino di Indonesia masih akan terjadi hingga September 2023.

Dilansir dari situs BMKG, El Nino adalah fenomena ketika suhu permukaan laut di Samudera Pasifik mengalami peningkatan di atas kondisi normal.

BACA JUGA:8 Masa yang Dilalui Manusia Sebelum Masuk Surga atau Neraka

Peningkatan suhu ini menyebabkan pertumbuhan awan lebih tinggi di wilayah Samudera Pasifik tengah dan mengurangi jumlah curah hujan di Indonesia. 

Kondisi ini akan menyebabkan Indonesia dilanda kekeringan. Beberapa wilayah di Bengkulu juga sudah kekeringan. Warga kesulitan air bersih. Untuk konsumsi mandi dan mencuci, memanfaatkan air sungai. 

BACA JUGA:Mantan Pejabat Bengkulu Ditahan KPK Kasus Dugaan Korupsi Rp 18 Miliar

“Menurut WHO, setidaknya ada 10 dampak buruk El Nino bagi kesehatan. Karena itu, masyarakat harus siap menghadapi ancaman El Nino ini,” kata mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Prof Tjandra Yoga Aditama. 

Berikut dampak buruk akibat El Nino: 

1. Gangguan kekurangan makanan hingga malnutrisi. Hal ini terjadi karena gangguan ketersediaan ketahanan pangan.

2. Peningkatan kejadian penyakit menular. Ini terjadi akibat kombinasi menurunnya higiene sanitasi, perubahan pola hidup penular penyakit, dan lain-lain.

3. Peningkatan penyakit yang berhubungan dengan air (water borne disease). Kondisi ini terjadi akibat keterbatasan ketersediaan air dan sanitasi.

4. Penurunan akses masyarakat ke fasilitas kesehatan dan disrupsi pelayanan kesehatan, baik karena cuaca panas atau mungkin bencana alam yang terjadi di masa El Nino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: