Iklan dempo dalam berita

7 Syarat Menjadi Penduduk Surga Firdaus, Salah Satunya Khusuk Dalam Sholat

7 Syarat Menjadi Penduduk Surga Firdaus, Salah Satunya Khusuk Dalam Sholat

Ilustrasi. 7 Syarat untuk menjadi penduduk surga firdaus--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Firdaus merupakan salah satu nama surga Allah SWT. Sejak kecil, umat Islam sudah sering mendengar surga firdaus. 

Dalam beberapa penjelasan disampaikan jika surga firdaus merupakan surga tertinggi atau yang paling bagus dari beberapa surga lainnya.

Tentu saja setiap umat Islam menginginkan menjadi salah satu penghuni surga firdaus. Namun untuk mendapatkannya bukanlah usaha yang mudah.

Keterangan jika surga firdaus merupakan surga tertinggi bisa kita temui dalam hadist Turmudzi dan Al-Albani.

Seperti yang dijelaskan dari Anas bin Malik ra, Nabi Muhammad SAW bersabda:

BACA JUGA:Selain Golongan Manusia, Ada 10 Hewan yang Dijanjikan Masuk Surga, Termasuk Kambing dan Anak Sapi

“ Firdaus adalah surga yang paling tinggi, yang paling bagus, dan yang paling afdal atau utama.” (HR. Turmudzi dan Al-Albani).

Nama Firdaus berasal dari firdaws. Selain itu juga berasal dari pinjaman kata bahasa Persia kuno yang artinya taman yang dikelilingi oleh dinding. 

Surga Firdaus sendiri terbuat dari perak dengan warna hijau tua, memiliki dua buah mata air yang memancar, dan ada berbagai macam buah-buahan yang tersedia.

Berikut adalah salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi mengenai surga Firdaus:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِي الْجَنَّةِ مِائَةُ دَرَجَةٍ مَا بَيْنَ كُلِّ دَرَجَتَيْنِ كَمَا بَيْنَ الْأَرْضِ وَالسَّمَاءِ وَالْفِرْدَوْسُ أَعْلَاهَا دَرَجَةً وَمِنْهَا تُفَجَّرُ أَنْهَارُ الْجَنَّةِ الْأَرْبَعَةُ وَمِنْ فَوْقِهَا يَكُونُ الْعَرْشُ فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَسَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ نَحْوَهُ

Artinya: “ Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: " Di surga ada seratus tingkat, jarak antara masing-masing tingkat seperti antara bumi dan langit dan Firdaus adalah surga tertinggi, darinya empat sungai surga memancar, di atasnya 'arsy, bila kalian meminta kepada Allah, mintalah Firdaus." Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun telah menceritakan kepada kami Hammam dari Zaid bin Aslam sepertinya.”

BACA JUGA:Di Surga Ada Pasar, Bukankah Semua Kebutuhan di Surga Sudah Tersedia?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: