Iklan dempo dalam berita

Tinggal Bersama Nenek, Pelajar Meninggal Dunia Tenggelam di Sungai

Tinggal Bersama Nenek, Pelajar Meninggal Dunia Tenggelam di Sungai

Seorang pelajar meninggal dunia setelah tenggelam di sungai--

Ditambahkan Sas Mulyadi, korban akan dimakamkan pada hari Rabu tanggal 27 September 2023 karena harus menunggu kedatangan orang tuanya dari Kota Bengkulu.

Sementara itu Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat salah satu penyebab terbanyak pada kasus kematian anak di Indonesia adalah tenggelam. Hal ini seiring dengan kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

"Indonesia adalah negara kepulauan yang tentu akrab dengan air, seperti sungai dan laut. Maka dari itu, banyak juga kecelakaan terkait tenggelam," ujar Ketua IDAI, dr. Piprim Basarah Yanuarso.

"Kecelakaan tenggelam ini bisa jadi merupakan masalah yang signifikan di negara kita (Indonesia). Namun, termasuk ke dalam fenomena gunung es yang jumlah kasusnya tidak terlalu terlihat," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Unit Kerja Koordinasi Emergensi dan Rawat Intensif Anak IDAI, DR. dr. Ririe Fachrina, mengatakan bahwa angka kasus kematian anak akibat tenggelam cukup tinggi, yakni urutan kedua di dunia.

BACA JUGA:Punya Halaman di Rumah, Tanam 7 Tanaman Ini, Menurut Islam Pembawa Rezeki

Ririe mengatakan, data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa setiap tahunnya terdapat sekitar 263 ribu kematian akibat tenggelam. Data yang sama menunjukkan bahwa setengah dari kasus kematian tersebut dialami oleh di bawah usia produktif, yakni di bawah 30 tahun.

"Tenggelam itu merupakan penyebab kematian terbanyak di usia satu hingga 24 tahun di dunia," pungkas dr. Ririe.

Lantas, bagaimana cara penanganan pertama pada anak yang tenggelam untuk menghindari kasus kematian?

Ririe mengatakan, salah satu hal utama yang harus dimiliki oleh pendamping anak ketika melakukan aktivitas renang adalah kemampuan berenang. Selain itu, pendamping anak juga harus mengetahui langkah-langkah dasar penanganan korban tenggelam, yakni.

BACA JUGA:Masa Depannya Cerah, Ini Ciri-ciri Orang Memiliki Weton Tulang Wangi, Kamu Termasuk?

1. Segera jauhkan posisi korban hampir tenggelam atau tenggelam dari air

2. Pastikan posisi kepala, leher, dan tulang punggung korban dalam satu garis lurus untuk menghindari risiko cedera spinal

3. Periksa dan buka jalan napas korban hampir tenggelam atau tenggelam

4. Selalu pastikan wajah korban menghadap ke atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: