Iklan dempo dalam berita

10 Ribu Linmas Kabupaten Mukomuko Siap Sukseskan Pemilu 2024

10 Ribu Linmas Kabupaten Mukomuko Siap Sukseskan Pemilu 2024

10 Ribu Linmas Kabupaten Mukomuko Siap Sukseskan Pemilu 2024 --

MUKOMUKO, RBTVCAMKOHA.COM - Menuju pesta demokrasi pemilihan umum tahun 2024 mendatang, Pemerintah kabupaten Mukomuko menyiapkan 10 ribu orang tenaga linmas. Linmas yang tersebar di seluruh desa ini bertugas membantu suksesnya pemilu dan pengamanan di masing-masing TPS nantinya.

BACA JUGA:Netralitas ASN Jelang Pemilu, ini Kata Gubernur Rohidin Mersyah, yang Melanggar Terancam Kena Sanksi

Dua orang dari anggota linmas ditempatkan di setiap TPS. Dinas Satpol PP selaku Opd teknis yang mempersiapkan sdm tersebut, sudah harus memastikan seluruh anggota linmas dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

Kepala Dinas Satpol PP Mukomuko, Suryanto mengungkapkan, Pendataan seluruh anggota linmas ini sudah dilakukan termasuk seragam, yang sudah masih diupayakan pihaknya agar seluruh petugas ini mendapat seragam baru.

BACA JUGA:Tegas, Pangdam ll Sriwijaya Ingatkan Prajurit TNI Untuk Menjaga Netralitas Selama Pemilu

Tugas para anggota linmas ini nantinya membantu pihak TNI-Polri dalam menjaga keamanan di setiap TPS. Suryanto menghimbau anggota linmas tidak terkontaminasi dengan politik praktis. 

“Pendataan anggota lintas di setiap desa sudah dilakukan, selain memastikan kesehatan jasmani dan ronahi, para linmas ini akan mendapatkan seragam dan saat ini masih diupayakan,” ungkap Suryanto.

 BACA JUGA:10 Provinsi Ini Paling Rawan Netralitas ASN Pemilu 2024, Sumbar dan Lampung Termasuk

 

Pemetaan dan Pengamanan Polres Mukomuko

Sementara itu menjelang pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang, pihak Polres Mukomuko sudah melakukan pemetaan pengamanan dan pemantauan, terkait potensi kerawanan wilayah, yang terdiri dari 148 desa dan 15 kecamatan di kabupaten Mukomuko.

BACA JUGA:Sosialisasi Pemilu, KPU Minta Mahasiswa Cerdas Gunakan Hak Pilih

ini dilakukan sejak dini untuk mengetahui sejauh mana tingkat kerawanan masing-masing wilayah, agar kedepannya kepolisian bisa memetakan tingkat pengamanan di semua wilayah .

Dijelaskan Kapolres Mukomuko AKBP. Nuswanto bahwa, pihaknya tidak bisa menyatakan tingkat kerawanan di masing-masing wilayah, karena setiap wilayah memiliki tingkat kerawanan sendiri-sendiri. Hal tersebut menjadi PR bagi polres, untuk mendalami tingkat kerawanan setiap daerah.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Beberapa Bacaleg Rencanakan Pengunduran Diri

“Tentunya setiap daerah memiliki tingkat kerawan sendiri-sendiri, sehingga harus dilakukan pemetaan sejak dini. Selain itu pemetan juga dilakukan untuk mengetahui lokasi-lokasi rawan yang memang perlu dilakukan pengamanan ekstra.

Tidak hanya itu, agar persiapan pemilu 2023 lebih matang, Polres Mukomuko juga melakukan persmenggelar simulasi metode pengamanan Pemilu 2024 melalui permainan taktis atau tactical floor game (TFG).

BACA JUGA:Kirab Pemilu, Partisipasi Pemilih Ditargetkan di Atas 85 Persen

TFG ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai situasi, cara bertindak maupun untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas saat pemilu.

 

Ringgo dwi septio

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: