Iklan dempo dalam berita

Menggiurkan Bank Jago, Allo Bank dan Bank Raya Tawarkan Bunga Deposito Paling Tinggi

Menggiurkan Bank Jago, Allo Bank dan Bank Raya Tawarkan Bunga Deposito Paling Tinggi

Menggiurkan Bank Jago, Allo Bank dan Bank Raya Tawarkan Bunga Deposito Paling Tinggi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Menurut Sikapiuangmu yang dikelola Otoritas Jasa Keuangan (OJK), deposito adalah simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu.

Secara sederhananya, deposito merupakan produk investasi dari perbankan dengan tingkat pengembalian lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan. Tetapi nasabah tidak bisa mengambil dananya dalam jangka waktu tertentu.

BACA JUGA:Meski Banyak Kelebihan, Bank Digital Bukan Tanpa Kekurangan, Berikut Beberapa Kekurangan Bank Digital

Setiap bank menawarkan suku bunga yang berbeda untuk tiap jangka waktu yang ditawarkan. Meskipun biasanya suku bunga deposito masih di bawah tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate).

Tapi tak jarang ada bank yang menawarkan bunga yang jauh lebih tinggi. Hanya saja tingkat suku bunga deposito jauh lebih tinggi ketimbang tabungan.

Sementara suku bunga acuan tetap tinggi di Indonesia hingga kuartal III/2023. Ada beberapa bank yang menawarkan bunga deposito yang cukup menggiurkan bagi para deposan. 

BACA JUGA:Bank Jago Vs Blu by BCA Mana yang Terbaik? Ini Penjelasan Fitur Tabungan dan Transaksi Bank Digital Terbaik 20

Kendati demikian, likuiditas bank di Tanah Air tetap terbilang aman, dan bank-bank tampaknya belum bersaing untuk merebut dana nasabah Indonesia dengan suku bunga yang lebih tinggi.

Menariknya, sejumlah bank telah menawarkan special rate deposito yang cukup menguntungkan. Special rate deposito adalah jenis simpanan yang memberikan bunga di atas tingkat bunga penjaminan (TBP) yang ditetapkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Simpanan ini biasanya ditawarkan.

BACA JUGA:Kurang 5 Menit Cair, Ini Cara Pinjam Uang Rp 20 Juta di Bank Jago Lewat Kredit Pintar 2023

“Bank belum merasa harus merebut dana nasabah Indonesia, jadi masih cukup baik bagi tren likuiditas,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa dalam konferensi pers, di Jakarta.

Dalam penawaran special rate deposito saat ini, terdapat kelompok bank berdasarkan modal inti (KBMI) 2 yang menawarkan tingkat bunga paling tinggi. Mereka menawarkan special rate sekitar 5,46%, yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok bank lainnya. 

BACA JUGA:Banyak Keuntungan Didapat Nasabah Nabung di Bank Digital Ini, Bank Jago Memang Jago

Sementara itu, kelompok bank KBMI 4 menawarkan tingkat bunga paling rendah, yaitu sekitar 3,2%, dan kelompok bank KBMI 3 menawarkan sekitar 4,49%. Rata-rata tingkat special rate yang ditawarkan oleh industri perbankan saat ini adalah sekitar 4,18%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: