Iklan dempo dalam berita

Ayah Bunda Jadi Contoh, Ini Strategi Ampuh Ajari Anak Menabung Sejak Dini

Ayah Bunda Jadi Contoh, Ini Strategi Ampuh Ajari Anak Menabung Sejak Dini

9 Cara mengajari anak menabung--

Dalam membantu anak memahami cara menabung, orang tua bisa mulai dari memberi tahu mereka perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Misalnya beri tahu mereka bahwa makanan, tempat tinggal dan pakaian berada di urutan teratas daftar kebutuhan. Sedangkan membeli ponsel atau berlibur merupakan keinginan.

BACA JUGA:Insentif Kartu Prakerja Rp 4.200.000, Begini 5 Langkah Pencairan Melalui DANA

4. Rencanakan tujuan menabung bersama anak

Bantu anak menetapkan tujuan, dengan menabung bisa menjadi cara yang lebih baik untuk membuat mereka termotivasi. Kamu juga bisa membantu mereka mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu, berdasarkan tingkat tabungan mereka.

5. Siapkan tempat khusus untuk tabungan mereka

Siapkan tempat tabungan khusus untuk anak, karena mereka akan membutuhkan tempat untuk menyimpan uang. 

BACA JUGA:Bansos Lansia Masih Cair Oktober 2023, Rp600.000 Siap Diambil di Kantor Pos

Ketika anak-anak memiliki tujuan menabung, mereka akan membutuhkan tempat untuk menyimpan uang. Kebanyakan orangtua mendirikan celengan untuk anak-anak mereka yang masih kecil. 

Jika anak Anda jauh lebih tua, kamu mungkin perlu menyiapkan rekening tabungan nyata di bank untuknya. Selalu biarkan dia melihat bagaimana uangnya bertambah, sehingga dia akan terdorong untuk melanjutkan kebiasaan itu.

6. Berikan anak suku bunga

Jika belum siap untuk membuat rekening bank bersama untuk anak, kamu dapat memutuskan untuk tetap membayarnya suku bunga pasar atas uang yang telah ia simpan. 

Kamu dapat menghitung jumlah yang dia simpan dan kemudian menambahkan 10% ke dalamnya. Ini salah satu cara yang bagus untuk mulai mengajarinya konsep bunga majemuk sejak usia dini, karena akan membuka jalan baginya untuk memahami konsep investasi untuk masa depan.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 62, Penerima Bansos Dapat Uang Rp 600.000 Oktober 2023

7. Minta anak melacak pengeluaran

Jika anak masih sangat kecil, kamu perlu tahu bagaimana dia membelanjakan uang yang kamu berikan kepadanya. Misalnya suruh anak menuliskan pengeluarannya kapan pun dia belanjakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: