Iklan dempo dalam berita

Kota Suci yang Bergema di Hati Umat Muslim, Kristen dan Yahudi, Ribuan Tahun Diperebutkan

Kota Suci yang Bergema di Hati Umat Muslim, Kristen dan Yahudi, Ribuan Tahun Diperebutkan

Sejarah kota Al Quds, salah satu kota suci bagi umat Islam--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kota ini sangat istimewa. Namanya bergema di hati umat Muslim, Kristen dan Yahudi selama beberapa abad berbagi area dan sejarah perselisihan.

Dalam bahasa ibrani disebut Yerushalayim dan al-Quds dalam bahasa Arab, yang merupakan salah satu kota tertua di dunia. Di masa lalu, kota ini pernah ditaklukkan, dihancurkan dan dibangun kembali selama beberapa kali dan meninggalkan sebuah bagian berbeda.

BACA JUGA:Oknum LSM yang Ngamuk di Sekolah Akhirnya Minta Maaf, Ngakunya Khilaf

Ketika wilayah ini menjadi fokus dari berbagai cerita mengenai perbedaan dan konflik antara orang yang berbeda agama, mereka bersatu dalam menghormati tanah suci ini.

Kota ini memiliki arsitektur bersejarah serta terdapat pembagian wilayah bagi Kristen, Muslim, Yahudi dan Armenia. Dikelilingi oleh tembok batu dan menjadi lokasi situs-situs suci di dunia. Ini merupakan alasan yang menyebabkan kota Yerusalem disebut menjadi kota suci:

BACA JUGA:Sekarang Karmin Jadi Kontroversial, Padahal Sudah Dimanfaatkan Sejak 5 Abad Lalu

1. Masjid

Wilayah Muslim merupakan yang terbesar di antara yang lain dan terdapat tempat suci Dome of Rock atau Masjid Al Aqsa serta dataran tinggi yang dikenal sebagai Haram al-Sharif oleh umat Islam.

Masjid ini merupakan tempat suci ketiga bagi Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid Al Aqsa dikelola oleh yayasan Islam Waqf.

Umat Muslim yakin Nabi Muhammad ke Yerusalem dari Mekkah ketika melakukan perjalanan malam yang disebut Isra Mi'raj, diyakini pula di Masjid Al Aqsa, Nabi Muhammad salat bersama dengan roh seluruh nabi.

Dan di dekat tempat suci Dome of the Rock, terdapat batu yang dipercaya umat Muslim, merupakan tempat yang dipijak nabi sebelum melakukan perjalanan ke surga.

BACA JUGA:Orangtua Sabar Jangan Marah-marah, Ini 8 Cara Cerdas Mendidik Anak Keras Kepala

Umat Muslim mengunjungi situs suci tersebut sepanjang tahun, tetapi setiap Jumat pada bulan Ramadhan, ratusan ribu umat Muslim melakukan salat di masjid.

2. Gereja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: