Iklan dempo dalam berita

Mudah Ditemukan Tanpa Efek Samping, Ini 5 Tanaman Obat Asam Urat

Mudah Ditemukan Tanpa Efek Samping, Ini 5 Tanaman Obat Asam Urat

5 tanaman yang bisa menjadi obat asam urat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. 

Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki. Umumnya, penyakit asam urat lebih banyak dialami oleh pria dengan rentang usia 30 hingga 50 tahun.

Kendati demikian, kini, asam urat juga menyerang generasi muda. Meningkatnya asam urat dalam darah dapat disebabkan oleh dua hal, pertama karena terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung tinggi purin, seperti kacang-kacangan dan jeroan ayam. Yang kedua menurunnya ekskresi kadar asam urat akibat terganggunya fungsi ginjal.

BACA JUGA:Ratusan Ibu-Ibu Rela Basah-basahan Berebut Ikan Dalam Kolam

Bahaya asam urat jika tidak diobati dapat mengakibatkan batu ginjal. Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh akan membentuk kristal yang dapat menghambat kerja dari ginjal. 

Selain itu, ketidakmampuan ginjal dalam mencerna dan mengeluarkan asam urat dari tubuh akan berakibat fatal.

Meskipun banyak obat asam urat yang dijual bebas yang bisa meredakan penyakit tersebut, beberapa orang lebih memilih obat asam urat alami. Alasannya, lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Berikut beberapa obat asam urat alami yang membantu mengatasi penyakit asam urat tanpa efek samping, mengutip laman Kemkes.go.id;

BACA JUGA:Lemak Penyebab Perut Buncit Rontok dengan Bahan Alami Ini, Selain Itu Perhatikan Posisi Duduk

1. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang sering menjadi obat alami untuk melawan peradangan. Khasiatnya untuk membantu mengatasi penyakit asam urat juga sudah tercatat. 

Sebuah studi menemukan, jahe topikal bisa mengurangi rasa sakit yang akibat asam urat. 

Sementara studi lain menunjukkan, tanaman ini bisa mengurangi kadar asam urat. Namun, studi tersebut dilakukan pada tikus dan jahe diberikan secara oral.

Bila kamu ingin mencoba obat asam urat alami ini, caranya rebus air dengan 1 sendok makan parutan jahe segar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: