Iklan RBTV Dalam Berita

Main Handphone saat Hujan Petir, Gak Bahaya tah? Begini Fakta dan Penjelasannya

Main Handphone saat Hujan Petir, Gak Bahaya tah? Begini Fakta dan Penjelasannya

Main handphone saat hujan petir, bahaya tidak ?--

Periksa ramalan cuaca sebelum berpartisipasi dalam kegiatan di luar ruangan. Jika prakiraan cuaca menunjukkan badai petir, tunda perjalanan atau aktivitas Anda, atau pastikan tempat berlindung yang aman dan sesuai sudah tersedia.

Masuklah ke Dalam Ruangan

Ingatlah ungkapan"Ketika guntur mengaum, pergilah ke dalam ruangan." Temukan tempat berlindung yang aman dan tertutup ketika Anda mendengar guntur.

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BNI Terbaru Oktober 2023, Pinjam Rp25 Juta Bayar Rp483 Ribu

Tempat berlindung yang aman termasuk rumah, kantor, pusat perbelanjaan, dan kendaraan berat dengan jendela digulung.

Segera Cari Tempat Berlindung

Jika Anda terjebak di tempat terbuka, bertindaklah cepat untuk mencari tempat berlindung. Tindakan yang paling penting adalah menjauhkan diri Anda dari bahaya.

Jika Anda terjebak di luar tanpa tempat berlindung yang aman di dekatnya, tindakan berikut dapat mengurangi risiko tersambar petir:

1. Segera turun dari area yang ditinggikan seperti bukit, punggung gunung, atau puncak.

2. Jangan pernah berbaring rata di tanah. Berjongkoklah dalam posisi seperti bola dengan kepala terselip dan tangan di atas telinga Anda sehingga Anda berada di bawah dengan kontak minimal dengan tanah.

3. Jangan pernah berlindung di bawah pohon yang terisolasi. Jika Anda berada di hutan, berlindunglah di dekat pohon yang lebih rendah.

BACA JUGA:Lengkap! Tabel Angsuran KUR BSI Plafon Rp5 Juta Hingga Rp500 Juta

4. Jangan sekali-kali menggunakan tebing atau gundukan batu untuk berlindung. Segera keluar dan menjauh dari kolam, danau, dan badan air lainnya.

5. Jauhi benda-benda yang menghantarkan listrik (seperti pagar kawat berduri, kabel listrik, atau kincir angin).

6. Jika berada dalam kelompok selama badai petir, berpisahlah satu sama lain. Ini akan mengurangi jumlah cedera jika petir menyambar tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: