Iklan dempo dalam berita

Bengkulu Rawan Bencana, UNIB Gandeng BMKG Bahas Isu Kebencanaan

Bengkulu Rawan Bencana, UNIB Gandeng BMKG Bahas Isu Kebencanaan

UNIB dan BMKG bekerjasama dengan menghadapi potensi bencana di Bengkulu--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Dalam upaya memperoleh dan meningkatkan pemahaman tentang potensi serta mitigasi bencana hidrometeorologi, serta bencana kegempaan di Provinsi Bengkulu. Selasa pagi (10/10) digelar seminar nasional.

 

Seminar digelar di ruang rapat rektorat Universitas Bengkulu, dengan mengusung tema Peran Akademisi dan Kebijakan dalam Adaptasi dan Mitigasi Bencana di Bengkulu dan Sekitarnya.

BACA JUGA:Puluhan Mitra Bulog Disanksi, Alasannya karena Merugikan Masyarakat

 

Dalam seminar dikatakan Plt. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG, Rahmat Triyono, Bengkulu merupakan daerah dengan potensi bencana yang cukup tinggi. 

 

"Tadi kami sampaikan saat pembukaan, juga dijelaskan ada sumber-sumber gempa yang di darat yang melewati beberapa kabupaten di Bengkulu dan itu ancaman gempa meskipun magnitudonya tidak besar, tapi karena sumber gempanya di darat, ini juga potensi untuk menimbulkan korban jiwa. Bahkan kerusakan ya. Jadi ini yang tentunya perlu kita kaji bersama kalau itu daerah-daerah mana sumber gempa," ujar Rahmat Triyono. 

BACA JUGA:6 Tips Atasi Air Sumur Kering di Musim Kemarau, Kenali Juga Tanda-Tandanya!

 

Dengan potensi itu, pemerintah daerah harus ikut mengantisipasi dengan dibangunnya fasilitas publik yang bisa dimanfaatkan namun dengan persyaratan sesuai prosedur. 

 

"Tertentu disamping juga bencana-bencana hidrometer ada banjir dan lain sebagainya. Itu yang menjadi konsen kita mengadakan seminar hari ini," kata Rahmat Triyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: