Iklan dempo dalam berita

Pilih Pakai Sumur Bor atau Sumur Gali? Begini Cara Cek Debit Air dan Perbandingan Biayanya

Pilih Pakai Sumur Bor atau Sumur Gali? Begini Cara Cek Debit Air dan Perbandingan Biayanya

Perbandingan sumur bor dan sumur gali--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Air adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap harinya. Untuk mendapatkan sumber air bersih salah satu caranya adalah dengan membuat sumur, entah itu sumur bor ataupun gali.

Meskipun sebagai salah satu sumber air, namun sumur bor dan sumur gali memiliki perbedaan. Mulai dari debit air hingga biaya pembuatannya.

Air sumur atau air tanah adalah salah satu sumber air bersih yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Penggunaan air sumur pun beragam, mulai dari kebutuhan sanitasi hingga air minum sehari-hari.

BACA JUGA:Nyawa Melayang karena Main Gaple, Pelakunya Dihukum 7 Tahun Penjara

Tanpa air, manusia tidak dapat bertahan hidup, dan lingkungan menjadi tidak terawat dan tidak nyaman untuk ditinggali.

Lebih baik mana antara membangun sumur bor atau sumur gali? Ya, pertanyaan tersebut sering dilontarkan masyarakat. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut.

Adapun berikut ini perbedaan sumur bor dan sumur galian.

1. Proses Pembuatan Sumur

Untuk membangun sumur bor, kamu bisa menggunakan alat yang modern serta canggih. Yakni, penggalian akan mengandalkan kekuatan dari mesin bor untuk menembus ke dalam tanah.

BACA JUGA:Tak Perlu Panggil Tukang, Ini 6 Bahan Bersihkan Tangki Air, Sekali Guyur Bebas dari Lumut

Sedangkan pembuatan sumur gali masih memanfaatkan tenaga manusia sepenuhnya. Yakni harus menggali manual menggunakan cangkul atau skop untuk mencapai sumber mata air.

2. Debit dan Kualitas Air 

Biasanya, sumur bor memiliki debit air lebih kencang dari sumur galian, serta kualitas air yang bersih. Sebab, menggunakan mesin bor jadi lebih mudah menentukan kedalaman tanah yang sampai menemukan sumber air. 

3. Ukuran Sumur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: