Iklan dempo dalam berita

Ibu Bapak, Ini Lho 3 Jenis Sumur Bor, Pilih Dulu Baru Panggil Tukangnya

Ibu Bapak, Ini Lho 3 Jenis Sumur Bor, Pilih Dulu Baru Panggil Tukangnya

Jenis sumur bor berdasarkan kedalaman sumur--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Setiap hunian pasti memiliki ssumber air bersih, entah itu sumur bor ataupun PDAM. Jenis sumur bor yang digunakan biasnaya tergantung dengan kedalaman yang diinginkan.

Penggunaan air sumur bor pun beragam, mulai dari kebutuhan sanitasi hingga air minum sehari-hari.

Kedalaman sumur bor yang baik dapat menghasilkan kualitas air yang jernih dan aman untuk digunakan. Untuk menentukan kedalaman sumber air sendiri juga bergantung pada kondisi geografis di Anda tinggal.

BACA JUGA:Awas Salah Beli, Ini 4 Cara Memilih Tandon Air yang Tepat

Berikut jenis-jenis sumur bor:

1. Jet Pump

Jenis sumur bor yang pertama ini biasanya dibuat dengan kedalaman 25 - 45 meter menggunakan jet pump sebagai pompa hisapnya. Kemudian, jenis sumur bor yang satu ini sering digunakan karena jarak pengambilan air tanah bisa sampai kedalaman 16 – 32 meter yang mana tergantung dari kedalaman sumur. 

2. Submersible

Jenis sumur bor Submersible ini biasanya dibuat dengan kedalaman 60 - 80 meter. Umumnya, jenis pompa yang digunakan akan ditanam di dalam sumur hingga terendam oleh air. Hal tersebut dilakukan agar pompa mampu menyerap air dengan gaya dorong yang lebih besar.

BACA JUGA:5 Hal yang Perlu Perhatikan Sebelum Membuat Sumur Bor, Tidak Direkomendasi untuk Daerah Rawan Banjir

3. Semi Jet

Jenis sumur bor ini biasanya dibuat dengan kedalaman 0 - 25 meter. Umumnya, jenis sumur bor ini dibuat menggunakan pipa dengan diameter yang sesuai dengan keinginan pemilik rumah serta lokasi geologis daerah tersebut. Jenis sumur semi jet ini biasanya digunakan untuk keperluan air di kamar mandi.

Perlu diperhatikan, apabila kedalaman sumur bor yang dibuat lebih dari 9 meter dan kurang dari 11 meter, maka pilihan pipa hisap yang digunakan adalah semi jet pump. 

Akan tetapi, apabila kedalaman yang dibuat lebih dari 11 - 50 meter, maka pompa hisap yang digunakan adalah jet pump (double jet) dengan pipa dorong dan injektor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: