Iklan dempo dalam berita

Peringatan Rasulullah, Ini Dampaknya Mengumpulkan Harta Haram, Setiap Langkah Diikuti Setan

Peringatan Rasulullah, Ini Dampaknya Mengumpulkan Harta Haram, Setiap Langkah Diikuti Setan

Dampak mengumpulkan harta haram--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Setiap umat Islam selalu diminta menjauhkan diri terhadap semua hal yang haram. Mulai dari makanan, minuman, perilaku hingga harta haram.

Bahkan peringatan dampak buruk harta haram pernah ditegaskan Nabi Muhammad kepada Ali bin Abi Thalib. Dengan memiliki harta haram, kemudian orang akan menggunakannya untuk membeli makanan atau minuman. Kemudian makanan dan minuman itu dikonsumsinya. 

Dampak yang diakibatkan mengonsumsi atau menggunakan uang haram dalam kehidupan sehari-hari sangatlah besar. Bahaya penggunaan uang haram inilah, yang sangat diwanti-wantikan Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib. 

BACA JUGA:Rutinkan Minum Air Kelapa Muda, Ada 12 Manfaat Salah Satunya Bikin Awet Muda

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Washiyat Al-Musthafa karya Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syarani.

Berikut ini efek harta haram yang disampaikan Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib:          

1. Syubhat berakibat pada terkontaminasinya agama dan gelap hatinya 

يا علي، من اكل الشبها ت اشتبه عليه دينه واظلم قلبه ومن اكل الحرام مات قلبه وخف دينه وضعف يقينه و حجب الله دعوته وقلت عبادته

“ Wahai Ali, barang siapa yang makan makanan syubhat, maka agamanya akan syubhat dan hatinya akan menjadi gelap (maksudnya orang yang makan syubhat hatinya tidak akan bisa menerima nasihat agama sehingga gelap hatinya). Dan barang siapa yang makan makanan haram maka akan mati hatinya, ringan agamanya (menyepelekan agama), lemah keyakinannya, doanya akan terhalang dan sedikit ibadahnya.”

BACA JUGA:5 Rekomendasi Hp Realme Harga Terjangkau Namun Spesifikasi Gahar

2. Harta haram bisa memicu murka Allah SWT 

يا علي، اذا غضب الله على احد رزقه مالا حراما. فاذل اشتد غضبه عليه وكل به شيطانا. يبارك له فيه ويصحبه ويشغله بالدنيا عن الدن. ويسهل له امور دنياه ويقول: الله غفور رحيم

“Wahai Ali, Jika Allah marah kepada seseorang maka Allah akan memberinya rezeki yang haram. Dan ketika Allah semakin marah kepada seseorang hamba maka Allah akan mewakilkan (memberi kuasa) kepada setan untuk menambah rezekinya dan menemaninya, menyibukannya dengan dunia  serta melupakan agama. Memudahkan urusan dunianya dan setan berkata (menggoda dengan kalimat): Allah Mahapengampun dan Mahapenyayang.”  

BACA JUGA:4 Rekomendasi Hp Realme Terbaru Oktober 2023, Ini Spesifikasi dan Harganya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: