Iklan dempo dalam berita

Selain Palung Mariana, Ada 4 Lokasi Lain Titik Terendah di Bumi, Salah Satunya di Indonesia

Selain Palung Mariana, Ada 4 Lokasi Lain Titik Terendah di Bumi, Salah Satunya di Indonesia

4 titik terendah di bumi selain Palung Mariana--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Banyak fakta tentang bumi yang belum terungkap. Mulai dari isi di dalamnya maupun bentuk bumi itu sendiri.

Salah satu dari beberapa fakta yang telah terungkap yakni tempat paling rendah di bumi. Setidaknya ada lima tempat yang dikategorikan paling rendah di bumi.  Salah satu tempat itu berada di Indonesia.

Seperti diketahui, tempat terdalam di lautan yang terungkap saat ini adalah Palung Mariana yang terdapat di Samudera Pasifik. Palung tersebut bak sebuah jurang dengan kedalaman 11 kilometer, tepatnya 10.973 meter di bawah permukaan laut.

BACA JUGA:Sudah Lama Dikenal, Ini Manfaat Minuman Kayu Manis, Bisa Atasi Radang Sendi hingga Sakit Lambung

Dengan kedalaman itu, sinar matahari tidak bisa menembus di Palung Mariana. Karenanya wilayah ini sangat gelap. 

Selain Palung Mariana masih ada tempat lain yang juga dikenal tempat yang dalam di bumi. Salah satunya di Indonesia. Berikut ini daftar tempat terdalam lainnya dikutip dari Live Science.

1. Palung Mariana

Palung Mariana adalah jurang samudera sepanjang 2.5242 kilometer dan tempat dengan titik terdalam di lautan Bumi yang ditemukan.

Titik terdalam Palung Mariana disebut dengan Challenger Deep. Diketahui ada 27 orang yang pernah ke sana, salah satunya adalah Mackenzie Gerringer.

BACA JUGA:Coba Minum Teh Bawang Putih, Manfaatnya Selain Menurunkan Kolesterol juga Membuat Langsing

Ia bersama rekan-rekannya dari University of Hawaii melakukan ekspedisi pada tahun 2014. Tak sampai ke Challenger Deep, Mackenzie mencoba menjelajahi Sirena Deep yang ada di kedalaman 10.500 di bawah permukaan laut.

Tak main-main, Sirena Deep memiliki kondisi ekstrem karena suhunya yang sangat dingin, tekanannya tinggi, serta tidak ada sinar matahari.

Namun penjelajahannya tak sia-sia. Mackenzie bersama rekan-rekannya menemukan makhluk khas Palung Mariana yang bernama ikan siput Mariana.

Makhluk yang baru ditemukan ini adalah ikan siput yang tinggal di kedalaman 6.000-10.970 dan hanya terdapat di palung laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: