Iklan dempo dalam berita

Bukan Tanpa Alasan, Rasulullah Jelaskan Alasan Kenapa Magrib Dianjurkan Tutup Pintu

Bukan Tanpa Alasan, Rasulullah Jelaskan Alasan Kenapa Magrib Dianjurkan Tutup Pintu

Anjuran Nabi Muhammad menutup pintu saat magrib--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Maghrib adalah pergantian waktu dari siang menuju malam. Menjelang Maghrib merupakan keadaan yang cukup menyeramkan, selain karena hari menjadi gelap, waktu-waktu itu merupakan salah satu waktu keluarnya jin dan setan.

Maka dari itu, buat kamu yang punya anak kecil, terutama bayi, lebih baik tetap di dalam rumah dan tutup pintu rapat-rapat. Anjuran menutup rumah dan menjaga bayi ketika Maghrib bukanlah mitos belaka. Ini telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam ajaran Islam, Maghrib menjadi waktu munculnya para setan dan jin karena identik dengan kegelapan. Karenanya, Nabi SAW sendiri menganjurkan kaum muslimin untuk menutup pintu rumah ketika Maghrib tiba.

BACA JUGA:Kunci Pintu Rezeki, Baca 11 kali Dzikir Ini, Bisa Dibaca Setiap saat

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits dari Jabir bin Abdillah RA, Nabi SAW bersabda:

“Jika masuk awal malam, atau beliau mengatakan: jika kalian memasuki waktu sore, maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup." (HR Bukhari dan Muslim)

Menurut buku Hidup Bersama Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam tulisan Daeng Naja, makna awal malam pada hadits di atas adalah setelah terbenamnya matahari. Selain itu, Nabi SAW juga menganjurkan kaum muslimin untuk tidak melepaskan hewan-hewan ternak mereka pada waktu matahari terbenam.

“Jangan lepaskan hewan-hewan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam sampai berlalunya awal Isya karena para setan berkeliaran antara waktu terbenamnya matahari sampai berlalunya awal Isya." (HR Muslim).

BACA JUGA:Jangan Harap Rumah Tangga Bergelimang Harta jika Istri Belum Mengerjakan 9 Amalan Ini

Imam Ibnu Abdilbarra melalui Al Istidzkar, mengatakan bahwa anjuran menutup pintu-pintu rumah pada waktu Maghrib dimaksudkan sebagai upaya menjaga diri dari gangguan setan dan jin. Terlebih, dipaparkan sebelumnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup.

Membaca basmalah sebelum masuk ke rumah sama halnya dengan menghalangi setan untuk tidak masuk. Pada saat yang bersamaan, setan berkata tidak ada tempat untuknya bermalam seperti yang dijelaskan oleh Imam Nawawi.

Hadits lain yang menyebutkan perintah untuk menutup pintu pada saat Maghrib bersumber dari riwayat Ahmad. Berikut bunyi haditsnya,

اَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ بِالَّيْلِ وَأَطْفِئُوا السُّرْجَ وَأَوْكُوا الأَسْقِيَةَ وَخَمِرُوا الطَّعَامَ وَالشَّرَابَ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهِ بِعُوْدٍ

Artinya: "Tutuplah pintu-pintu ketika malam, dan matikanlah lampu-lampu. Tutuplah bejana serta tempat makan dan minum, walau hanya engkau taruh sepotong kayu di atasnya." (HR Ahmad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: