Iklan dempo dalam berita

Angka 4 dan 8 Bagi Orang Tionghoa Memiliki Arti Penting, Jadi Panduan saat Bangun Rumah atau Buka Usaha

Angka 4 dan 8 Bagi Orang Tionghoa Memiliki Arti Penting, Jadi Panduan saat Bangun Rumah atau Buka Usaha

Kepercayaan orang tionghoa terhadap angka 4 dan 8--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Orang tionghoa yakin angka keberuntungan adalah angka 8. Sedangkan angka yang tidak beruntung angka 4.

Karena kepercayaan itu, banyak orang yang mencari hal-hal menyangkut angka 8. Misalkan nomor rumah nomor 8, nomor polisi ada angka 8 dan semua hal yang menyangkut angka 8.

Sebaliknya mereka menghindari angka 4. Misalkan tidak ada rumah dengan nomor 4. Mereka menggantikannya dengan 3A dan 3B. Bahkan di lift pun tidak ada angka 4.

Sebenarnya darimana asal-usul susunan angka 8 itu? Apakah berkaitan budaya tradisional Tiongkok? 

Ternyata memang ada hubungan dengan Tiongkok. Dalam budaya tradisional, yaitu Budaya Dao, angka 8 dihubungkan dengan kelengkapan dan keutuhan. Menurut Yì Jīng (易经), “Bā Guà” (八卦) atau delapan trigram adalah dasar yang menciptakan segalanya.

BACA JUGA:Duh! Efek Sering Gonta Ganti Merek Oli Motor, Bikin Mesin Ambrol

Kemudian, ada lagi “8 Arah” (八方, Bā Fāng) merepresentasikan seluruh alam semesta dalam konsep spasial penganut Dao. 

Delapan Arah ini juga digunakan untuk menafsirkan takdir seseorang, seperti dalam Bā Zì (八字), metode ramalan Tiongkok yang menggambarkan hidup seseorang berdasarkan 2 angka tanggal kelahiran, 2 angka bulan kelahiran, 2 angka tahun kelahiran, dan 2 angka jam kelahiran orang tersebut

Dari sisi modern, angka ‘8’ dihubungkan dengan kekayaan. ‘Delapan’ (八) alam Bahasa Mandarin dilafalkan ‘Bā’, homofon dengan Fā (发). Misal : Fā Cái 发财yang bermakna “kaya” atau “kemakmuran”. 

Makanya angka 8 dikatakan sebagai undangan untuk mendatangkan kekayaan. 

Selain itu, jika dilihat dari bentuknya, angka 8 tidak memiliki garis putus dan guratannya selalu terhubung. Hal tersebut juga menjadi pertanda bahwa rezeki tidak akan terputus atau rezeki akan selalu mengalir. 

BACA JUGA:Jangan Tunggu Mesin Motor Rusak, Ini 5 Penyebab Oli Cepat Habis

Popularitas angka 8 terlihat jelas dalam kaitannya dengan Olimpiade Beijing yang dimulai tepat pukul 08:08 (waktu setempat) pada hari ke delapan bulan ke delapan tahun 2008. 

Ketika orang memilih nomor telepon, nomor ponsel, nomor rumah, nomor pelat mobil dan tanggal-tanggal penting, 8 biasanya merupakan pilihan pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: