Iklan dempo dalam berita

Mesin Mobil Kamu Cepat Panas? Yuk Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Mesin Mobil Kamu Cepat Panas? Yuk Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Mesin Mobil Kamu Cepat Panas? Yuk Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Tepat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Mesin mobil cepat panas atau overheating bisa jadi pertanda bahwa ada masalah pada bagian mesin kendaraan. Perlu dilakukan tindakan secepatnya untuk mengetahui secara pasti apa penyebab overheating. Overheating bisa disebabkan karena kondisi mesin mobil yang sudah tua atau tidak layak jalan. Bisa juga disebabkan karena mobil kurang perawatan, terutama pada mobil yang terbilang baru.

Satu hal yang pasti jika mobil Anda cepat panas, yakni Anda tidak boleh menyepelekan. Anda harus segera mencari penyebabnya dan menemukan solusi yang tepat. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin mobil cepat panas:

BACA JUGA:AWAS! Ini Risiko Tekanan Angin Ban Kendaraan Terlalu Keras, Segini Tekanan Angin Ban Motor dan Mobil yang Idea

1. Penggunaan Cairan Radiator Yang Tidak Tepat

Penyebab lain dari kondisi mesin mobil cepat panas adalah pada penggunaan cairan di dalam radiator yang tidak tepat. 

Jika Kamu menggunakan air biasa sebagai cairan pengisi radiator maka tentu saja membuat kondisi di dalam radiator menjadi cepat kotor. Mengapa? Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam air biasa menyebabkan banyak logam, mineral ataupun unsur lainnya yang akan menyebabkan kerak di dalam elemen radiator.

Sehingga untuk mengisi radiator, Sahabat perlu menggunakan cairan yang memang khusus digunakan untuk mengisi radiator atau coolant. 

BACA JUGA:Aki Basah atau Aki Kering, Mana yang Lebih Bagus? Sebelum Memilih Simak Dulu 4 Pertimbangan Ini

Namun jika Kamu tetap memilih air biasa sebagai pengisi radiator maka Kamu harus melakukan penggantian setidaknya 5 minggu sekali. 

Namun jika Kamu ingin mengganti dari air biasa dengan coolant (cairan khusus radiator) maka ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan sebelum melakukan penggantian.

Jika Kamu langsung melakukan penggantian, yang ada malah membuat kerak di dalam radiator rontok terkena coolant. 

Kondisi ini lah yang membuat kinerja radiator menjadi tidak maksimal. Sehingga akan lebih baik jika Kamu membersihkan radiator terlebih dahulu sebelum akan menggantinya ke coolant.

BACA JUGA:8 Tanda Aki Motor Soak dan Perlu Diganti, Serta Tips Memilih Aki Motor yang Tepat

2. Radiator dan Selang Radiator

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: