Iklan dempo dalam berita

Jangan Malas Sedekah, Ini Manfaat Sedekah Subuh Bisa Menjemput Rezeki Dari Berbagai Penjuru

Jangan Malas Sedekah, Ini Manfaat Sedekah Subuh Bisa Menjemput Rezeki Dari Berbagai Penjuru

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Amalan sedekah yang sering dilakukan pada waktu khusus yaitu sedekah subuh. Sama seperti namanya, sedekah ini umumnya dilakukan dengan memberi sesuatu kepada orang yang berhak menerimanya.

Tak sedikit orang, yang belum mengetahui keistimewaan sedekah subuh ini, padahal sedekah tersebut memiliki makna dimana pada saat seorang muslim melakukan sedekah subuh, malaikat akan turun ke bumi dan segera mendoakan orang yang bersedekah tersebut.

Hal ini disebutkan dalam salah satu hadist yang diriwayatkan Bukhari Muslim dari Abu Hurairah Ra, beliau berkata "Nabi Muhammad SAW bersabda, " setiap awal pagi saat matahari terbit Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. 

Lalu salah satu berkata, Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah. Maka Malaikat yang satu berkata, Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.

Lalu kapan batas waktu sedekah subuh?

Sedekah subuh, sesuai dengan sebutannya, dilakukan oleh kaum muslim pada saat usai melaksanakan shalat subuh hingga saat terbitnya matahari (terlihat dari pandangan).

Berikut cara melaksanakan sedekah subuh:

1. Jika seorang muslim melaksanakan shalat subuh di masjid, dan kemudian menemukan kotak amal, maka dianjurkan untuk mengisi kotak amal tersebut setelah shalat berjamaah subuh.

2. Jika seorang muslim melaksanakan shalat subuh di rumah, setelah melaksanakannya dapat mentransfer uang sedekah ke lembaga-lembaga sosial lainya.

3. Jika seorang muslim usai shalat subuh dan keadaannya sedang di rumah, maka dia dapat bersedekah dengan memberi makan kepada tetangga terdekat, orang yang terlihat membutuhkan makanan dan kebetulan lewat di depan rumah. 

Hal ini untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Adapun manfaat sedekah subuh bagi kehidupan:

- Memperpanjang Umur

Dikisahkan datanglah seorang pemuda menemui Nabi Ibrahim dan mengatakan bahwa ia akan menikah esok hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: