Iklan dempo dalam berita

Faktor Lahan Salah Satu Penyebab Sawit Tidak Berbuah, Ini Cara Mengatasinya

Faktor Lahan Salah Satu Penyebab Sawit Tidak Berbuah, Ini Cara Mengatasinya

Faktor Lahan Salah Satu Penyebab Sawit Tidak Berbuah, Ini Cara Mengatasinya--

Sebelum melakukan panen buah kelapa sawit, petani harus benar-benar memastikan tandan buah segar (TBS) dalam keadaan sudah siap dipanen. Kesalahan saat pengecekan berakibat salah pemilihan TBS yang belum siap panen sehingga mempengaruhi buah berikutnya. Tidak hanya TBS saja, pemangkasan pelepah kelapa sawit juga perlu diperhatikan supaya kesuburan tetap terjaga.

BACA JUGA:Bisa Kurangi 75 Persen Produksi Buah Sawit, Kenali Jenis dan Cara Penanganan Ulat Api Pengganggu Kelapa Sawit

Solusi Tanaman Kelapa Sawit yang Tidak Berbuah Lagi

Tanaman kelapa sawit yang sudah tidak berbuah biasanya dibakar oleh petani. Petani di beberapa daerah masih meyakini bahwa tanaman kelapa sawit akan menghasilkan TBS setelah dibakar. Solusi pertama yang bisa dilakukan petani yaitu tetap memberikan pupuk pada tanaman kelapa sawit. 

Jika tanaman kelapa sawit sudah tidak berbuah selama 3 tahun berturut-turut, sebaiknya segera dilakukan peremajaan. Tanaman kelapa sawit yang sudah tidak berbuah dapat dimanfaatkan lagi menjadi produk lain yang memilki nilai guna tersendiri.

BACA JUGA:Ini Urutan Pemupukan Kelapa Sawit Agar Cepat Berbuah, Dari Pembibitan Hingga Buah Pertama

Setelah mengetahui adanya penurunan produktivitas, sudah saatnya mendukung program pemerintah untuk melakukan peremajaan tanaman kelapa sawit dan menghindari kampanye negatif kelapa sawit. Pastikan selalu menggunakan benih kelapa sawit yang memiliki sertiifikat keaslian yang dikeluarkan oleh PPKS. 

Apa yang Terjadi Pada Tanaman Kelapa Sawit Setelah 25 Tahun?

Meskipun tanaman kelapa sawit memiliki harapan hidup hingga 25 tahun, bukan berarti akan tetap produktif ketika sudah menginjak usia 25 tahun. 

BACA JUGA:Mau Investasi Sawit? 10 Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan Agar Sukses dan Terhindar dari Masalah

Sama seperti manusia, tanaman kelapa sawit juga memiliki usia produktif rata-rata yaitu pada 11-20 tahun. 

Itulah mengapa pemerintah banyak menggencarkan program untuk produktivitas perkebunan sawit, salah satunya Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Dengan adanya peremajaan, jumlah tanaman kelapa sawit produktif lebih banyak daripada yang tidak produktif. 

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: