Iklan dempo dalam berita

Faktor Lahan Salah Satu Penyebab Sawit Tidak Berbuah, Ini Cara Mengatasinya

Faktor Lahan Salah Satu Penyebab Sawit Tidak Berbuah, Ini Cara Mengatasinya

Faktor Lahan Salah Satu Penyebab Sawit Tidak Berbuah, Ini Cara Mengatasinya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sebagaimana kita ketahui bahwa sawit merupakan tanaman penghasil minyak yang banyak berkembang akhir-akhir ini. Faktanya banyak sekarang pembukaan hutan yang dijadikan lahan perkebunan kelapa sawit. 

Disamping itu harga jual yang terbilang cukup tinggi dibanding harga getah karet , membuat para petani beralih pada perkebunan kelapa sawit. 

BACA JUGA:Tungau Merah, Si Kecil Pengganggu Tanaman Kelapa Sawit, Ini Dampak yang Perlu Diwaspadai

Namun yang menjadi duduk perkara bagi para petani yaitu hasil buah sawit yang diperlukan tidak sesuai dengan apa yang diperlukan , bahkan dari banyak kasus mengatakan bahwa tanaman sawit mereka tidak mau berbuah, dan ini tentu sangat merugikan bagi para petani kelapa sawit.

Penyebab utama sawit tidak berbuah memang bermacam-macam. Nah pada artikel ini akan bagikan isu perihal penyebab sawit tidak berbuah.

Penyebab Tanaman Kelapa Sawit Tidak Berbuah

BACA JUGA:Petani Sawit Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Fisik Tanaman Kelapa Sawit yang Sehat

Kelapa sawit merupakan komoditas ekspor terbesar. Apabila ada permasalahan menyangkut produktivitasnya, maka harus ditelusuri. Termasuk penyebab tanaman kelapa sawit sudah tidak berbuah lagi.

1. Lahan perkebunan sawit

Kelembaban tanah memang diperlukan agar tanaman kelapa sawit tumbuh dengan baik Selain itu, juga perlu diperhatikan pH tanah dan kandungan unsur hara pada tanah. pH tanah yang terlalu asam tidak baik untuk tanaman, sehingga kondisi tanah sebaiknya netral agar tidak merusak tanaman. Unsur hara baik makro maupun mikro harus terpenuhi supaya tanaman kelapa sawit tumbuh dengan baik. Pemenuhan unsur hara dapat dilakukan dengan memberikan pupuk dan menjaga pH tanah sehingga penyerapan unsur hara oleh tanaman maksimal.

BACA JUGA:Salah Dosis Bisa Bikin Sawit Kerdil, Pahami Dosis NPK pada Kelapa Sawit dengan Tepat

2. Perawatan tanaman kelapa sawit

Perawatan tidak melulu tentang pemberian pupuk dan penyiraman tanaman kelapa sawit saja. Perlunya petani untuk selalu mengawasi tanaman kelapa sawit supaya tidak terkena OPT dan penyakit lainnya. Termasuk apabila ada bagian tanaman yang mati, petani harus segera melakukan penyulaman sehingga pertumbuhan tanaman kelapa sawit tidak terganggu. 

3. Proses panen kelapa sawit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: