Iklan dempo dalam berita

Yuk Simak 7 Jenis Hama Berbahaya Untuk Kelapa Sawit dan Cara Mengendalikannya, Petani Wajib Tahu

Yuk Simak 7 Jenis Hama Berbahaya Untuk Kelapa Sawit dan Cara Mengendalikannya, Petani Wajib Tahu

Yuk Simak 7 Jenis Hama Berbahaya Untuk Kelapa Sawit dan Cara Mengendalikannya, Petani Wajib Tahu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Salah satu faktor penyebab menurunnya produktivitas hasil pertanian kelapa sawit adalah rusaknya tanaman yang disebabkan oleh hama penyakit. Biasanya jenis hama terdiri dari serangga dan juga jenis ulat-ulatan yang menyerang bagian daun.

Setiap hama sawit memiliki karakteristik berbeda, anda sebagai petani perlu mengetahui penanganan yang tepat untuk menanggulangi serangan hama tersebut. 

BACA JUGA:Jamur Ganoderma Sebabkan Ancaman Serius Perkebunan Sawit, Ini Cara Mengendalikannya

Lalu, sebetulnya spesies apa saja yang dikategorikan sebagai hama bagi tanaman kelapa sawit?. Dalam artikel ini kita akan membahasnya agar anda dapat lebih waspada jika mereka terlihat di sekitar pepohonan sawit anda.

1. Ulat Kantung 

Hama tanaman kelapa sawit yang pertama adalah ulat kantung, yakni Metisa plana dan Mahasena corbetti. Keduanya akan menyerang bagian daun, terutama pada tanaman dewasa. Daun yang diserang Metisa plana akan mengering seperti terbakar karena ulat akan mengeluarkan cairan racun pada saat memakan daun. 

BACA JUGA:Mengenal Jamur Ganoderma Kelapa Sawit, Bisa Sebabkan Kematian Tanaman Kelapa Sawit

Sementara itu, ulat kantung Mahasena corbetti akan mengeluarkan benang sutra untuk menggantungkan diri pada daun. Mereka lalu mengeluarkan kepala dan sebagian badannya untuk memakan daun, bunga, maupun kulit tanaman, dan menimbulkan gejala berupa lubang-lubang pada daun.

Upaya pengendalian yang bisa dilakukan adalah pengutipan ulat atau handpicking yang dilakukan pada tanaman muda berumur 1 – 3 tahun. Cara lainnya adalah menggunakan insektisida biologi yang mengandung bakteri Bacillus thuringiensis, maupun dengan cara infus akar dan infus batang.

BACA JUGA:Bingung Memilih Bibit Sawit Berkualitas? Ini Ciri-ciri Bibit Kelapa Sawit Unggul

2. Kumbang Badak

Kumbang Badak (Oryctes rhinoceros L.) merupakan hama kelapa sawit yang menyerang dengan membuat lubang pada pupus daun yang belum membuka yang dimulai dari pangkal pelepah daun. Tanda serangan hama ini akan terlihat pada saat pupus daun mulai membuka, berupa potongan simetris di kedua sisi pelepah daun. Pada tanaman muda, serangan hama akan menghambat pertumbuhan dan mematikan tanaman di tahun pertama. 

Upaya pengendalian sebaiknya dimulai sejak masa persiapan lahan dengan cara menanam tanaman penutup tanah seperti kacang-kacangan dan menanam koro benguk (Mucuna sp.). Upaya lainnya adalah mengeluarkan dan mengumpulkan kumbang secara manual dengan kawat berbentuk panah, maupun menggunakan insektisida dengan dosis satu sendok makan ke atas pupus daun kelapa sawit.

BACA JUGA:Waspada Hama Ulat Api pada Tanaman Sawit, Ini 3 Cara Tepat Mengendalikannya Agar Tidak Merugi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: