Iklan dempo dalam berita

Arti Kode API Awalan S dan C Untuk Oli Mesin Mobil, Ternyata Huruf Kedua Menandai Kualitas Oli

Arti Kode API Awalan S dan C Untuk Oli Mesin Mobil, Ternyata Huruf Kedua Menandai Kualitas Oli

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bagi negara kita yang cuacanya ekstrem cukup panas, ternyata tidak cocok memakai oli yang encer. Negara tropis seperti Indonesia lebih cocok menggunakan oli dengan kekentalan yang lebih tinggi seperti 10w-40 atau 20w-50. 

Jika dipaksakan memakai oli yang terlalu encer, oli tersebut akan cair dan tidak melumasi komponen mesin dengan baik. Maka dari itu, biasanya mobil-mobil di Indonesia memakai spek 10w-40 atau 20w-50 untuk mobil keluaran terbaru. 

BACA JUGA:Ada 3 Jenis Oli Mesin yang Beredar di Pasaran, Pahami Arti Kode Huruf dan Angka di Botol Kemasan

Untuk mobil yang lebih tua atau lebih dari 5 tahun, biasanya memakai 10w-40. Sebab mobil yang usianya sudah lebih dari 5 tahun komponen internal mesinnya sudah tidak terlalu presisi akibat pemakaian. Sehingga membutuhkan oli yang tidak terlalu encer untuk melumasi mesin. Selain kode SAE, ada juga kode bernama API. 

API merupakan kepanjangan dari american petroleum institute. Apa artinya ya? Pada kode API, terdiri dari dua awalan huruf yang berbeda. 

Awalan huruf S menandakan oli untuk mobil bermesin bensin. Sedangkan awalan API huruf C untuk penggunaan mobil bermesin Diesel. 

BACA JUGA:Jangan Hanya Oli Mesin, Oli Gardan Motormu Juga Wajib Diganti

API terdiri dari 2 huruf, awalan S atau C. Huruf kedua menandakan kualitas oli tersebut. Biasanya huruf kedua terdiri dari huruf alfabet mendekati huruf Z.

Semakin mendekati huruf Z, semakin baik kualitas oli tersebut. Misalnya SF, SH, SJ, SK dan lain sebagainya. 

Huruf kedua juga bisa memberikan arti untuk mesin mobil keluaran terbaru. Pada intinya semakin mendekati huruf Z akan semakin baik juga kualitas oli tersebut.

BACA JUGA:Jangan Salah, Oli Motor Matic 0,8 L, Bila Berlebih Motor Bisa Overheat

Cara Membaca Kode Oli

Untuk tahu oli yang tepat, Anda harus membaca kode pada oli. Kode ini punya nama SAE atau yang punya makna sebagai society of automotive engineers. 

Kode-kode inilah yang biasanya merupakan paduan angka dengan huruf. Misalnya 10w-40, atau 20w-50 dan lain sebagainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: