Iklan dempo dalam berita

ASN Dishub Ditemukan Meninggal Dunia, Begini Pertolongan Pertama Bagi Orang Terkena Serangan Jantung

ASN Dishub Ditemukan Meninggal Dunia, Begini Pertolongan Pertama Bagi Orang Terkena Serangan Jantung

Pertolongan pertama orang terkena serangan jantung--

4. Kamu dapat melakukan CPR jika orang tersebut tidak sadarkan diri. Setelah itu, kamu dapat menelpon rumah sakit terdekat untuk penanganan lanjutan. Lakukan terus CPR hingga orang tersebut sadar atau bantuan datang.

Serangan jantung sangat erat kaitannya dengan nyawa seseorang. Pada dasarnya, serangan jantung juga bisa disembuhkan, baik dengan jalur medis maupun cara yang sederhana seperti memperbaiki gaya hidup. Berikut ini cara-cara yang bisa kamu tempuh secara medis:

1. Angioplasti Koroner

Kateter atau pipa kecil dengan balon pada ujungnya dimasukkan ke dalam pembuluh darah besar di pangkal paha atau lengan. Balon akan diarahkan ke bagian pembuluh yang menyempit di jantung. Setelah berada di pembuluh itu, balon dikembungkan untuk membuka pembuluh darah dan juga menghancurkan plak.

BACA JUGA:Tak Sepopuler Kunyit Kuning, Ini Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan hingga Kecantikan

2. Operasi Bypass

Operasi ini dilakukan ketika terjadi banyak penyumbatan di pembuluh koroner. Aliran darah ke jantung akan dibuatkan jalur baru. Operasi bypass melibatkan pengambilan pembuluh darah dari bagian lain tubuh, biasanya diambil dari dada atau kaki, untuk digunakan sebagai cabang baru.

3. Transplantasi Jantung

Ini adalah prosedur penggantian jantung dari donor yang sudah meninggal untuk penerima dengan gagal jantung. Penerima donor pastinya sudah mendapat persetujuan dari keluarga mendiang untuk mendapatkan organnya.

Selain penanganan medis, perubahan gaya hidup sejatinya bisa dilakoni sebagai upaya untuk menyembuhkan serangan jantung. Ini termasuk meninggalkan kebiasaan merokok, hindari makanan berlemak, dan rutin berolahraga. Dengan demikian, kondisi jantung pun dapat berangsur normal.

Kemudian mengelola stress juga bisa menjadi salah satu upaya mengatasi serangan jantung. Stres bisa menjadi pemicu utama munculnya serangan jantung.

BACA JUGA:Persiapan dari Sekarang, Ini Bocoran Soal Tes Mitra Statistik BPS Lengkap dengan Jawabannya

Penjelasannya adalah tekanan psikis dapat memengaruhi fisik terutama pembuluh darah dan sirkulasi oksigen ke otak. Mengelola stres, memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, dalam arti kamu sangat disarankan untuk menambah asupan gizi yang baik untuk jantung, ini termasuk oatmeal.

Serat yang tinggi dalam oatmel mampu mengurangi bahaya hipertensi pastinya baik untuk jantung. Untuk itu, paling sedikit konsumsilah enam porsi oatmeal tiap minggu. Sebuah penelitian pun telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi satu mangkok oatmeal setiap hari, seorang pengidap serangan jantung akan lebih cepat pulih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: