Iklan dempo dalam berita

Rekomendasi Oli Yang Cocok untuk Motor Matic Yamaha Mio Sporty Lawas dan Usia diatas 5 Tahun

Rekomendasi Oli Yang Cocok untuk Motor Matic Yamaha Mio Sporty Lawas dan Usia diatas 5 Tahun

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Minyak pelumas mesin atau yang lebih dikenal oli mesin adalah zat yang berfungsi melumasi mesin. Banyak ragam dan macam oli mesin. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin.

Oli mesin adalah salah satu cairan yang ada di ruang mesin. Lebih tepatnya adalah cairan yang diisikan ke dalam mesin. Pada saat mesin dihidupkan, oli ini disirkulasikan ke seluruh komponen mesin oleh pompa oli. Oli mesin menjadi satu bagian yang sangat penting untuk mendukung kerja mesin. Seiring dengan pemakaian, terjadi penurunan kualitas dan fungsinya, sehingga harus dilakukan penggantian secara periodik.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Yamaha Mio, Nomor 8 di Klaim Oli Paling Bagus

Pada berbagai jenis mesin dan peralatan yang sedang bergerak, akan terjadi peristiwa pergesekan antara logam. Oleh karena itu akan terjadi peristiwa pelepasan partikel partikel dari pergesekan tersebut.

Keadaan dimana logam melepaskan partikel disebut aus atau keausan. Untuk mencegah atau mengurangi keausan yang lebih parah yaitu memperlancar kerja mesin dan memperpanjang usia dari mesin dan peralatan itu sendiri, maka bagian bagian logam dan peralatan yang mengalami gesekan tersebut diberi perlindungan ekstra.

BACA JUGA:Terlihat Sepele, tapi Bikin Mesin hingga Kantong Jebol kalau Telat Ganti Oli Mobil

Semua jenis oli pada dasarnya sama. Yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan.  Untuk beberapa keperluan tertentu, aplikasi khusus pada fungsi tertentu, oli dituntut memiliki sejumlah fungsi-fungsi tambahan.

Misalnya mesin diesel, secara normal beroperasi pada kecepatan rendah tetapi memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. Mesin diesel juga memiliki kondisi kondusif (peluang) yang lebih besar yang dapat menimbulkan oksidasi oli, penumpukan deposit dan perkaratan logam-logam bearing.

BACA JUGA:Cegah Overheat, Kapan Oli Motor Harus Diganti? Ini Jawabannya

Dengan menggunakan pelumas ini, pengguna motor matic Yamaha tidak lagi menemui kendala mesin motor yang lebih cepat panas. Pasalnya Y-Matic memiliki keunggulan meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin.

Melindungi gesekan antar komponen mesin sehingga menjaga suhu mesin tetap dingin dan melindungi gesekan antar komponen mesin berbahan dasar logam secara aktif sehingga tetap dingin dan menghasilkan suara lebih halus.

BACA JUGA:Tergiur Pilihan Merek Oli? Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Ganti Merek Oli

Untuk menjaga performa mesin. Sebaiknya ganti oli setiap 2.000 km. Penurunan performa dapat disebabkan faktor kondisi jalan (geografis), debu, macet, bahan bakar, udara panas dan pola berkendara berdasarkan ulasan dari Federaloil.co.id.

Produk pelumas Federal Oil kini semakin komplit, Federal Oil menawarkan produk pelumas khusus untuk sepeda motor matic Yamaha Mio Soprty yakni Federal Oil Y-Matic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: