Iklan RBTV Dalam Berita

Meski Rasanya Pahit, Akar Brotowali Miliki Manfaat Baik Untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Gula Darah

Meski Rasanya Pahit, Akar Brotowali Miliki Manfaat Baik Untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Gula Darah

Meski Rasanya Pahit, Akar Brotowali Miliki Manfaat Baik Untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Gula Darah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Brotowali memang sudah lama dikenal akan manfaat yang dimilikinya untuk kesehatan, meski rasanya pahit tanaman ini sering diolah menjadi jamu dan dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit, mulai dari demam, diabetes, masalah kulit, dan masih banyak lagi.

Biasanya banyak orang yang akan mengelolah batangnya saja, ternyata bagian daun hingga ke akar brotowali juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

BACA JUGA:Sering Dianggap Sajian Kampung, Ternyata Singkong Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Umumnya brotowali ini salah satu tanaman merambat berbentuk semak dengan memiliki daun yang berbentuk hati, dan batangnya yang memiliki tonjolan layaknya seperti duri kecil. 

Tanaman yang sering tumbuh di daerah tropis ini sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat herbal di berbagai negara, termasuk India dan Indonesia.

BACA JUGA:Segudang Manfaat Air Daun Serai Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Atasi Tekanan Darah Tinggi

Adapun manfaat brotowali bagi kesehatan ada banyak, hal ini berkat kandungan nutrisi dan senyawa fitokimia, sehingga manfaat brotowali bisa memperkuat daya tahan tubuh hingga menjaga kesehatan tulang.

Sedangkan kandungannya sendiri brotowali mengandung beragam nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin C, serta beragam mineral, seperti fosfor, kalium, mangan, kalsium, zinc, zat besi, dan tembaga.

BACA JUGA:Tak Sepopuler Kunyit Kuning, Ini Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan hingga Kecantikan

Di samping itu, brotowali juga mengandung antioksidan flavonid dan beragam zat lainnya, termasuk alkaloid, glikosida, tanin, steroid, dan terpenoid, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat tanaman brotowali bagi kesehatan tubuh:

- Menurunkan kadar gula darah

Salah satu manfaat brotowali yang sudah dikenal sejak lama adalah sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar gula darah. Efek ini baik untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Harganya memang Lebih Mahal, tapi Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: