Iklan dempo dalam berita

Tanda Kiamat Sungai Efrat Sudah Mengering, Apakah Gunung Emas Sudah Muncul?

Tanda Kiamat Sungai Efrat Sudah Mengering, Apakah Gunung Emas Sudah Muncul?

Tanda kiamat sungai efrat mengering--

Pada 2013, NASA dan Universitas California sudah merilis sebuah hasil penelitian. Kedua lembaga itu melaporkan Sungai Efrat dan Tigris sudah mulai mengering. 

"Para ilmuwan menemukan selama tujuh tahun dari 2003, cekungan sungai Tigris dan Eufrat di bagian Turki, Suriah, Irak, dan Iran kehilangan 117 juta kaki acre (144 kilometer kubik) air tawar," tulis laporan itu.

Bukan hanya itu saja. Bendungan yang terintegrasi dengan Sungai Eufrat disebut sejumlah ahli juga menyusut sehingga mengancam pemadaman listrik bagi jutaan warga Suriah. 

Di Bendungan Tishrin, misalnya. Terjadi penurunan debit air parah yang belum pernah terjadi sejak bendungan tersebut dibangun pada 1999. “Ini bencana kemanusiaan,” kata Hammoud al-Hadiyyeen.

Saban musim semi, air Sungai Eufrat biasanya melimpah hingga ke kebun zaitun milik Khaled al-Khamees, warga desa Rumaylah di Provinsi Aleppo, Suriah. 

BACA JUGA:Ayo Cek! Hasil Seleksi Administrasi dan Tes Kompetensi Mitra Statistik 2024 Diumumkan di Link Ini

Tapi hari-hari ini, sungai kuno itu hanya meliuk di kejauhan. Pohon-pohonnya meranggas. Air minum kian langka. Sejak Januari 2021, level air menyusut sebanyak lima meter. 

Level air kini hanya berkisar beberapa sentimeter di atas "zona mati,” di mana turbin bendungan akan terhenti secara otomatis akibat kekurangan air. 

"Kapasitas bendungan hidroelektrik di timur laut Suriah sejak tahun lalu dilaporkan anjlok sebanyak 70 persen," kata Kepala Otoritas Energi, Welat Darwish. 

Sepertiga stasiun pompa yang bertebaran di sepanjang bantaran sungai kini juga mulai kekurangan air, atau bahkan mengering sama sekali. Organisasi bantuan dan kelompok lingkungan sudah mewanti-wanti petaka kelangkaan air yang menghantui timur laut Suriah. 

BACA JUGA:Tes Kompetensi Mitra Statistik BPS 2024, Cermati Latihan Contoh Soal Ujian Kompetensi dan Jawabannya

Aliran air menyusut oleh kerusakan infrastruktur akibat perang berkepanjangan. Dirayakan sebagai sungai yang mengalir melalui Surga Eden dalam kisah Alkitab, Sungai Eufrat bergerak sejauh 2.800 kilometer dari Turki, melalui Suriah sebelum bermuara di Irak.

Di sepanjang pesisirnya, bertebaran kebun-kebun zaitun, gandum atau kacang-kacangan yang menghidupi warga di kedua negara hilir untuk melalui masa perang.

Munculnya Gunung Emas? 

Mengeringnya Sungai Eufrat ditengarai akan munculnya gunung emas. Namun, sebelum munculnya gunung emas, banyak orang yang mengartikan gunung emas yang disebutkan dalam hadits Nabi sebagai minyak bumi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: