Iklan dempo dalam berita

Sinopsis Buku 'Bengkulu Hebat', Karya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah

Sinopsis Buku 'Bengkulu Hebat', Karya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah--

Dalam menulis Bengkulu Hebat ini, saya melakukan riset mini melalui berbagai literatur termasuk beberapa buku yang sudah saya tulis sebelumnya. Mengangkat dan me-resume-kan Bengkulu secara singkat melalui perspektif saya, yaitu bagaimana daerah ini telah bertransformasi dengan segala tantangannya. Sebuah usaha bersama yang harus mendapat dukungan mengingat setiap usaha yang dikerjakan untuk Bengkulu merupakan hasil kerja seluruh elemen masyarakat Bengkulu.

Bengkulu Hebat merupakan persembahan dari pemikiran saya mengenai bagaimana mengubah mindset terhadap Bengkulu dengan segala anugrahnya. Pemikiran dan segala kehebatan Bengkulu yang diapresiasi oleh orang luar Bengkulu tetapi seringkali luput dari pandangan orang Bengkulu sendiri. Semua hal hebat tentang Bengkulu harus menjadi sebuah catatan yang disebarkan dalam pemikiran, khususnya oleh para pemuda Bengkulu dalam memandang daerahnya.

Menanamkan kebanggaan tehadap daerah diharapkan akan menimbulkan mindset yang baik serta semangat yang tinggi dalam berkontribusi untuk membangun daerah. Tanggung jawab besar yang harus dimiliki oleh semua orang Bengkulu, apapun latar belakangnya. Karena tanggung jawab ini yang akan memberikan kontribusi nyata dalam membangun Bengkulu di masa depan.  

Saya juga ingin mengangkat dan memberikan pemahaman kepada generasi muda mengenai berbagai ide dan pemikiran yang dimulai dari masyarakat Bengkulu sendiri,  akan menjadi sebuah pengungkit dalam  membangun daerah. Didasari oleh kepedulian akan daerah, maka ini akan menjadi sebuah contoh besar bagaimana kontribusi pemuda Bengkulu sudah mulai memperlihatkan eksistensinya di berbagai bidang sesuai dengan keahliannya. 

Berbagai pandangan dan stigma negatif atas Bengkulu perlahan dan pasti telah bergeser. Dengan didukung oleh perkembangan teknologi informasi, maka berbagai stakeholder telah memperlihatkan kontribusi nyatanya. Beragam hal mengenai Bengkulu yang selama ini hanya berupa sebuah cerita lama yang hampir terkubur, kini mulai dikembangkan melalui berbagai narasi positif yang membangun. Hebatnya, hal ini lahir dari pemuda Bengkulu. 

Harapan saya, buku Bengkulu Hebat akan dibaca tidak hanya oleh masyarakat Bengkulu, tetapi juga oleh masyarakat di luar Bengkulu untuk memahami mengenai transformasi dan hal positif mengenai Bengkulu. Tetapi yang terpenting tujuan dari menulis buku adalah untuk menanamkan pemikiran positif bagi masyarakat Bengkulu sehingga ke depan akan memberikan perubahan dalam memandang daerah yang dimulai pada pola piki sehingga akan dapat lebih proaktif dalam berkontribusi untuk membangun Bengkulu yang kita cintai ini. 

Bengkulu Hebat merupakan sebuah cita-cita yang harus ditanamkan kepada generasi muda Bengkulu. Membalik stigma Bengkulu dari sebuah daerah dengan segala tantangan dan keterbatasannya, menjadi daerah dengan banyak peluang besar yang harus dimanfaatkan oleh seluruh elemen masyarakat. Dengan bekerja keras bersama-sama secara kolaborasi dan sinergi serta kreatif dan inovatif, maka Bengkulu Hebat akan menjadi sebuah pola pikir baru yang tertanam pada masyarakat Bengkulu dalam membangun daerahnya di masa depan. (RM)

*Penulis adalah Gubernur Bengkulu sejak 10 Desember 2018 hingga sekarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: