Iklan dempo dalam berita

Buang Jauh Sifat Iri Dengki jika Tidak Mau Terjangkit Penyakit Ain, Lebih Bahaya dari Sakit Fisik

Buang Jauh Sifat Iri Dengki jika Tidak Mau Terjangkit Penyakit Ain, Lebih Bahaya dari Sakit Fisik

Penyakit ain yang lebih berbahaya dibanding sakit fisik--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Dalam Islam dikenal satu penyakit yang lebih bahaya dibandingkan sakit fisik. Namanya penyakit ain. Penyakit ini muncul karena pandangan iri atau dengki terhadap orang lain. 

Menurut ajaran Islam, penyakit ain tergolong berbahaya dan menyebabkan kematian. Terkait penyakit ain, Nabi SAW pernah bersabda dalam sebuah hadits yang berbunyi:

"Ain adalah hak (benar). Seandainya ada sesuatu yang dapat mendahului takdir, niscaya ain-lah yang bisa mendahuluinya," (HR Muslim & Tirmidzi)

BACA JUGA:Ada 2.700 Lowongan Kerja Pendamping Lokal Desa 2023, Ini Jadwal Tahapan Seleksi hingga Contoh Soal

Syaikh Muhammad Fuad Abdul Baqi melalui kitab Al-Lu'lu wal Marjan mendefinisikan ain sebagai penyakit yang disebabkan oleh mata. Apabila seseorang melihat orang lain dengan kekaguman namun dibarengi dengan rasa dengki atau iri maka akan menimbulkan kemudharatan.

sedangkan dr Raehanul Bahraen dalam Majalah Kesehatan Muslim menyebutkan bahwa penyakit ain ialah penyakit yang terdapat pada badan maupun jiwa. 

Penyebabnya yakni pandangan mata orang yang dengki ataupun takjub, sehingga dimanfaatkan oleh setan dan dapat menimbulkan bahaya bagi orang yang menderitanya.

Mengenai asal mula penyakit ain sebetulnya telah ada sejak zaman dulu. Nabi SAW sendiri membahas terkait penyakit ain pada hadits yang telah dipaparkan sebelumnya di atas.

Selain itu, asal mula penyakit ain dijelaskan juga dalam fatwa Al Lajnah Ad Daimah.

مأخوذة من عان يَعين إذا أصابه بعينه ، وأصلها : من إعجاب العائن بالشيء ، ثم تَتبعه كيفية نفْسه الخبيثة ، ثم تستعين على تنفيذ سمها بنظرها إلى المَعِين

Artinya: "Ain dari kata 'aana - ya'iinu yang artinya: terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respons jiwa yang negatif, lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut," (Fatwa Al Lajnah Ad Daimah, 1/271).

BACA JUGA:Cairkan Pinjaman Rp500 Juta di BPJS Ketenagakerjaan, Ini Syarat dan Prosedur Lengkapnya

Doa agar Terhindar dari Penyakit Ain

Berkaitan dengan itu, ada doa agar terhindar dari penyakit ain. Dalam Kitab Al-Adzkar susunan Imam Nawawi dijelaskan terkait hadits riwayat Ibnu Abbas yang berisi doa tersebut, dahulu Nabi SAW sering memohon perlindungan bagi cucunya Hasan dan Husain dari penyakit ain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: