Iklan dempo dalam berita

Jadwal Tahapan Seleksi Mitra Statistik BPS 2024, Cek juga Tantangannya

Jadwal Tahapan Seleksi Mitra Statistik BPS 2024, Cek juga Tantangannya

--

2. Tahap Seleksi Tes Kompetensi: 1 sampai 30 November 2023

Calon Mitra Statistik yang berstatus “Diterima” mengakses menu “Tes Kompetensi” untuk memilih jadwal sesi Tes Kompetensi. Calon mitra hanya dapat memilih satu kali sesi ujian, dan tidak dapat merubah sesi. 

Tes Kompetensi terdiri atas 30 soal yang dikerjakan selama 60 menit secara online. 

3. Tahap Seleksi Akhir: 1 November sampai 8 Desember 2023

BPS melakukan penyelesaian akhir data calon mitra statistik dengan kriteria penilaian khusus yang telah ditetapkan. Pendaftaran dapat ditutup lebih awal jika kuota sudah terpenuhi.

BACA JUGA:Bukan PPPK tapi Gaji Hampir Setara, Coba Cek di Sini Gaji Mitra Statistik BPS

Tantangan Mitra Statistik BPS 

Berikut sejumlah tantangan mitra statistik BPS, di antaranya:

1. Akses Wilayah Terbatas 

Tidak semua wilayah Indonesia memiliki kondisi yang lancar, terlebih lagi di daerah pedesaan. Sebab, masih banyak daerah yang belum memiliki jalan darat atau jalan yang layak untuk dilalui. 

2. Tingkat Partisipasi Responden 

Tantangan selanjutnya yakni tingkat partisipasi responden. Sebab, waktu yang dimiliki mereka terkadang tidak menentu untuk melakukan pendataan. 

Sehingga para petugas perlu menyesuaikan waktu dengan petani yang sebagian besar pergi bekerja ke sawah mulai pagi sampai sore hari.

Oleh karena itu, petugas sensus harus pandai negosiasi. Apalagi kalau si responden tidak ingin diwawancara siang hari, coba nego untuk wawancara di pagi, sore, atau malam hari. 

Namun, apabila si responden tidak bisa diwawancara di hari kerja, coba nego untuk wawancara di akhir pekan. Intinya, nego terus sampai si responden mau diwawancara dan dapat jawabannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: