Iklan RBTV Dalam Berita

Ada Wacana di Indonesia hanya Ada 3 Operator Telekomunikasi

Ada Wacana di Indonesia hanya Ada 3 Operator Telekomunikasi

Wacana hanya ada 3 operator telekomunikasi--

Terbaru Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menganggap jumlah operator yang ada hanya 4 pada tahun ini masih terlalu banyak, sehingga dirinya berharap terjadi merger lagi dan menyisakan hanya ada 3 operator seluler.

Topik merger saat ini hanya mengarah ke XL Axiata dan Smartfren, namun Budi juga setuju jika misalnya Smartfren gabung ke Telkomsel atau operator lainnya. 

BACA JUGA:Langsung Kerjakan! Amalan Dzikir Pelancar Rezeki Sesuai Sunnah Nabi dari Syekh Ali Jaber

Presdir dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini pada beberapa kesempatan menyebutkan, merger bukanlah urusan manajemen, melainkan pemegang saham. Dengan demikian, merger keduanya menjadi urusan Kelompok Axiata dan Kelompok Sinar Mas. 

Belum ada klarifikasi adanya pembicaraan serius di antara kedua kelompok yang didorong merger. Namun selentingan menyebutkan, jika keduanya diharapkan merger, akan sangat banyak tantangannya. 

Sejak dekade lalu, sekitar 2010 hingga 2019, isu merger sudah santer yang berlanjut ke “perkawinan” Indosat Ooredoo dengan Hutchison Tri (3) terwujud pada akhir 2021 menjadi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). Merger ini disebut paling sukses, karena beberapa operator dunia pernah melakukan, tetapi gagal. 

BACA JUGA:Pembuka Pintu Rezeki Paling Ampuh dengan Dzikir Asmaul Husna, Ini Bacaan dan Cara Mengamalkannya

Dalam Kongres GSM Dunia 2022, manajemen IOH diminta membuka rahasia keberhasilannya yang diharapkan jadi masukan bagi rencana merger berbagai operator. Juga bagi XL Axiata dan Smartfren, yang masih berkutat pada tahap saling taksir, belum ada sama sekali kesepakatan atau lamaran namun menurut sumber Bloomberg, perbincangan soal mergernya PT XL Axiata Tbk dan PT Smartfren Telecom Tbk sudah masuk tahap pembicaraan dengan masing-masing penasehat untuk melihat potensi transaksi. 

 

Khaidir Aruf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: