Iklan RBTV Dalam Berita

4 Jenis Tanaman Herbal Ini Mampu Obati Jerawat, Begini Cara Pengolahannya

4 Jenis Tanaman Herbal Ini Mampu Obati Jerawat, Begini Cara Pengolahannya

--

BACA JUGA:Jangan Buru-buru Beli Obat, Pakai Bumbu Dapur Ini untuk Menurunkan Kolesterol

3. Sirih Merah

Sirih merah terkenal mengandung tanin, yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Selain itu, sirih merah juga memiliki kandungan minyak atsiri yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Sementara itu kandungan antioksidan pada sirih merah juga mampu meregenerasi kulit yang rusak akibat polusi dan radikal bebas.

4. Lidah Buaya

Kandungan beberapa senyawa aktif sepeti flavonoid, aloin dan juga vitamin memberikan efek antiradang, antibakteri dan juga antioksidan untuk kulit. Ini membuat gel lidah buaya ampuh untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat bahkan dapat menjadi cara menghilangkan jerawat secara praktis.

Kamu bisa menerapkannya secara rutin bersamaan dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat, beberapa hal lainnya untuk hasil yang lebih maksimal kamu harus menjaga kebersihan muka mu, kemudian jangan menyentuh jerawat. Sebab, kebiasaan ini bisa mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat.

Menyentuh atau memencet luka jerawat juga dapat memasukkan lebih banyak bakteri ke dalam lesi, menyebabkan infeksi lebih lanjut. Dampaknya, jerawat bisa menyebar dan semakin bertambah parah.

BACA JUGA:Herbal Ajaib, Begini Manfaat Akar Bajakan, Bisa untuk Ramuan Obat

Dan yang terakhir adalah dengan mengolola stres. American Academy of Dermatology mencantumkan stres sebagai kemungkinan penyebab timbulnya jerawat.

Stres menyebabkan peningkatan kadar hormon androgen. Androgen merangsang folikel rambut dan kelenjar minyak di pori-pori, sehingga meningkatkan risiko jerawat. 

Tips untuk mengelola stres meliputi:

• Mencukupi waktu tidur.

• Makan makanan yang sehat.

• Berolahraga secara teratur.

• Membatasi konsumsi alkohol dan kafein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: