Iklan RBTV Dalam Berita

Ini Alasan Toyota Innova Zenix Hybrid Laris di Pasaran, Nyaman Untuk Mobil Keluarga

Ini Alasan Toyota Innova Zenix Hybrid Laris di Pasaran, Nyaman Untuk Mobil Keluarga

--

 

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Mobil hybrid sudah cukup banyak dijumpai di pasaran, dan cukup diminati oleh konsumen karena permintaan selalu tinggi. Mobil hybrid paling digemari adalah Innova Zenix, multi purpose vehicle (MPV) terbaru Toyota yang menawarkan kabin lega sesuai dengan minat konsumen, namun dengan teknologi terbaru supaya konsumsi BBM bisa rendah. Jika dibandingkan dengan mobil-mobil lain di kelasnya, Innova Zenix punya popularitas yang jauh lebih baik. Alasannya, sebagian besar konsumen sudah memahami keunggulan dari hybrid.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario 160, Nomor 1 Mahal dan Awet

 

 

Toyota Kijang Innova (Zenix) sekarang hadir dalam format baru, bermesin hybrid yang lebih ramah lingkungan dan makin efisien konsumsi bahan bakarnya.

 

Klaim pabrikan keiritannya bisa tembus 21 km/liter, di mana melampaui hasil konsumsi generasi sebelumnya baik Innova bermesin bensin 2.000 cc maupun diesel 2.400 cc. Ini berkat penggunaan mesin baru, M20A-FKS Dynamic Force, bertenaga 172 dk dan torsi 204 Nm, serta transmisi CVT.

BACA JUGA:6 Keunggulan Mobil Hybrid dan 5 Perbedaannya dengan Mobil Biasa versi Suzuki

 

Kelebihan Toyota All New Innova Zenix lainnya yakni konsumsi BBM yang irit. Kedua mesin tersebut memiliki konsumsi BBM yang jauh lebih irit. Untuk pemakaian dalam kota, Zenix setidaknya memiliki konsumsi BBM di kisaran 1:10—15 km/liter. Ketika dipakai pada kecepatan konstan di jalan tol, angkanya bisa mencapai kisaran 1:17 km/liter.

 

 

Sementara itu, mesin hybrid yang ada pada Innova Zenix terpantau punya konsumsi BBM yang jauh lebih baik. Tapi, efisiensi ini akan sangat terasa ketika digunakan pada kemacetan. Pada saat kecepatan rendah di bawah 40 km/jam, mesin listrik secara otomatis akan bekerja.

BACA JUGA:Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Konvensional

 

 

Ketika jalan sudah lancar dan kecepatan sudah di atas 40 km/jam, maka secara otomatis mesin bensin yang akan bekerja. Berdasarkan pengalaman kami, ketika digunakan pada kecepatan rendah atau kemacetan konsumsi BBM mesin hybrid bisa mencapai 1:21 km liter.

 

 

Namun, ketika digunakan pada kondisi jalan normal, konsumsi BBM tak berbeda jauh dengan mesin bensin. Kenyamanan berkendara menjadi poin utama yang ada di Innova Zenix. Maklum saja, Zenix berbagi platform dengan Voxy terbaru.

BACA JUGA:5 Penyebab dan 6 Tanda Aki Mobil Soak, Begini Cara Mengatasinya

 

 

Platform yang dipakai yakni Toyota New Global Architecture (TNGA-C) atau (GA-C). Menurut Hideki Mizuma, Chief Engineer of Toyota Motor Corporation platform ini memiliki punya banyak kelebihan. Salah satunya mampu membuat kabin menjadi lebih lega, posisi duduk lebih nyaman, dan punya handling lebih baik dari generasi sebelumnya.

 

 

Rangka pada GA-C ini membuat bangku baris kedua lebih mundur 330 mm dan lebih rendah 20 mm. Manfaat tersebut membuat posisi duduk menjadi lebih baik lagi. Lantas, bagaimana dengan bantingannya? Suspensi yang dihasilkan terbilang lebih lembut dari generasi sebelumnya. Handling saat bermanuver juga membaik, sehingga memberikan pengalaman berkendara baru.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario 160, Nomor 1 Mahal dan Awet

 

 

Pada varian hybrid, karakter suspensinya terasa lebih lembut lagi dibanding non hybrid. Kami menduga hal tersebut disebabkan oleh adanya baterai sehingga membuat karakternya lebih empuk.

 

 

Kelebihan dan kekurangan lain pada Innova Zenix yakni adanya panoramic sunroof. Ini merupakan kali pertama Kijang dibekali dengan fitur panoramic sunroof. Ukuran panoramic sunroof yang dipasang juga cukup besar. Penumpang bisa membuka penutup maupun membuka kaca sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Vario 125, Ada 4 Fungsi Oli Agar Vario 125 Awet

 

 

Adanya fitur ini semakin menegaskan jika Innova Zenix saat ini merupakan mobil keluarga mewah. Maklum saja, harga varian tertingginya sudah di atas Rp600 juta. Adanya fitur Rear Seat Entertainment (RSE) pada Innova Zenix juga menjadi kelebihan lain.

 

 

Fitur ini terdapat di bagian belakang jok baris pertama. Penumpang baris kedua bisa menyetel perangkat hiburan yang ada di masing-masing layar tanpa harus berebut satu sama lain.

 

 

Di dalam layar tersebut terdiri dari beberapa hiburan seperti Netflix, Spotify, music, video, dan lainnya. Dengan adanya fitur ini, penumpang depan dan baris kedua tentu tak perlu lagi berebut menyetel hiburan.

BACA JUGA:6 Fitur Keamanan di Mobil Toyota yang Wajib Kamu Ketahui

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: