Iklan dempo dalam berita

Tiket Pesawat ke Enggano Masih Disubsidi Kemenhub

Tiket Pesawat ke Enggano Masih Disubsidi Kemenhub

--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Kabar gembira buat warga yang ingin ke Pulau Enggano. Tiket pesawat masih disubsidi Kemenhub RI.

Seperti diketahui, sejak penerbangan ke Pulau Enggano dibuka tanggal 3

2015 lalu, rute perintis Enggano ini telah ditetapkan bersubsidi oleh Kementerian Perhubungan. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri  Perhubungan tahun 2014 tentang tarif angkutan udara perintis tahun 2014.

BACA JUGA:Menhub Mau ke Enggano, Ini Keunikan Pulau Dekat Australia dan Kaya Wisata

Subsidi ini diberikan setiap tahun, hingga tahun 2023 untuk penerbangan perintis rute Enggano-Bengkulu PP, yang dilayani oleh maskapai Susi Air. 

BACA JUGA:Menteri Perhubungan ke Pulau Enggano, Usai Kunjungan Langsung Keluarkan Rekomendasi Pembangunan

Dengan adanya subsidi, tiket penerbangan rute Bengkulu-Enggano menjadi cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp. 306.920. Sementara untuk rute Enggano-Bengkulu tiketnya Rp 255.320.

“Kami bersama pemerintah daerah berkomitmen untuk terus membangun dan mengembangkan sarana dan prasarana transportasi di Enggano,” ujar Menhub.

BACA JUGA:Ini Janji Menhub Untuk Pulau Enggano

Untuk menuju Enggano melalui udara, dapat dilakukan melalui Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu menuju Bandara Enggano dengan waktu tempuh sekitar 45 menit, menggunakan maskapai Susi Air. Layanan penerbangan ini tersedia dua kali dalam seminggu, yakni tiap Selasa dan Kamis.

Sementara itu, akses melalui transportasi laut dapat dilakukan melalui Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu-ke Pelabuhan Malakoni atau dari Pulau Baai Bengkulu ke Pelabuhan Kahyapu. 

Berjarak sekitar 90 mil dengan waktu tempuh 12 jam. Pelabuhan Malakoni melayani penyeberangan setiap Senin hingga Jumat, sementara Pelabuhan Kahyapu melayani penyeberangan rutin empat kali dalam seminggu.

BACA JUGA:Sabtu Ini Menteri Perhubungan Tinjau Fasilitas di Pulau Enggano

Selain angkutan penumpang, layanan angkutan barang juga dilakukan melalui KM. Sabuk Nusantara 52 yang dioperatori oleh Pelni, mengangkut sejumlah komoditas seperti buah-buahan, sayur, dan bahan pokok lainnya. Tarif tiket untuk kapal penumpang sebesar Rp. 13.000 dan biaya pengangkutan barang/logistik per ton-nya sebesar Rp.10.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: