Iklan dempo dalam berita

Mendagri Turun Tangan, Dana Hibah Pemkab Kepahiang untuk KPU dan Bawaslu Naik Segini

Mendagri Turun Tangan, Dana Hibah Pemkab Kepahiang untuk KPU dan Bawaslu Naik Segini

Pemkab Kepahiang tambah anggaran untuk KPU dan Bawaslu Kepahiang--

KEPAHIANG, RBTVCAMKOHA.COM - Tarik ulur anggaran hibah Pilkada dari Pemkab Kepahiang ke KPU dan Bawaslu Kepahiang akhirnya berakhir.

Semua pihak menemui kata sepakat setelah Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian turun tangan dan melakukan zoom metting bersama Pemprov Bengkulu dan Pemkab Kepahiang, Selasa pagi (28/11).

BACA JUGA:5 Hari Dibuka, Pendaftaran Lelang Jabatan Pemkab Bengkulu Selatan Belum Ada Pelamar

Mendagri terpaksa turun tangan lantaran Pemkab Kepahiang dan KPU serta Bawaslu Kepahiang belum juga melakukan penandatanganan NPHD karena KPU dan Bawaslu Kepahiang menolak besaran anggaran yang akan digelontorkan Pemkab Kepahiang.

Sebelumnya Pemkab Kepahiang berencana akan menghibahkan anggaran sebesar Rp 17 miliar kepada KPU dan Rp 6 miliar kepada Bawaslu Kepahiang. Jumlah tersebut jauh berkurang dari yang jumlah yang diajukan KPU dan Bawaslu Kepahiang.

BACA JUGA:Sasar Market Content Creator dan Gamers Pro, ASUS Rilis Laptop Zephyrus M16 dan G16

Namun setelah Mendagri turun tangan, akhirnya Pemkab Kepahiang mengalah dengan menambah anggaran yang akan dihibahkan. Jumlahnya untuk KPU Kepahiang bertambah Rp 5 miliar, sedangkan Bawaslu Kepahiang bertambah Rp 1 miliar.

Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid membenarkan bertambahnya anggaran yang dihibahkan, karena ada instruksi Kemendagri, sehingga wajib mendahulukan kepentingan nasional yakni agenda pemilihan kepala daerah tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:Terbaru, Ini Cara Nonaktifkan NPWP Secara Online, Tidak Perlu Lagi ke Kantor Pajak

"Ya atas petunjuk, kita penuhi. Namun permasalahannya adalah pos anggaran yang belum tahu, sehingga terpaksa memangkas lagi anggaran OPD," kata Bupati Hidayatullah. 

Meski demikian, Bupati menegaskan pihak penyelenggara pemilu tak perlu khawatir karena dirinya telah memerintahkan tim TAPD untuk melakukan penyisiran lagi terhadap potensi anggaran yang bisa dilakukan rasionalisasi demi memenuhi kepentingan agenda nasional.

BACA JUGA:Ini Anjuran Spesifikasi Oli untuk Motor Matic Beat Lawas, Jangan Salah Beli

"Kita sudah sampaikan ke Kemendagri bahwa secepatnya NPHD kami tandatangani dan 40 persen anggaran segera dikucurkan. Paling lambat dua pekan pasca penandatanganan NPHD," tegas Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: