Iklan dempo dalam berita

8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Ini Risiko Menggunakan Kompresor Angin Saat Ganti Oli

8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Ini Risiko Menggunakan Kompresor Angin Saat Ganti Oli

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Semua pemiliki kendaraan pasti sudah tahu bahwa mengganti oli mesin adalah ritual yang wajib dilakukan. Mengganti oli memang bisa dilakukan sendiri atau di bengkel resmi maupun tidak resmi, tapi ada baiknya menyerahkannya langsung kepada ahlinya di bengkel resmi.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Begini Cara Bersihkan Filter Udara di Rumah Biar Motor Ngacir

Karena tidak sedikit pergantian oli di bengkel non resmi melakukannya dengan cara yang kurang tepat, yaitu dengan memakai tekanan angin dari kompresor. Cara ini memang ampuh mengeluarkan sisa oli dari ruang mesin, namun ada konsekuensi yang harus di tanggung jika teknik ini sering dilakukan.

BACA JUGA:Ini Anjuran Spesifikasi Oli untuk Motor Matic Beat Lawas, Jangan Salah Beli

Teknik menguras oli dengan kompresor memiliki efek samping yang berisiko tinggi. Udara atau angin bertekanan tinggi yang disemprotkan ke dalam ruang mesin mungkin mengandung uap yang bisa berubah menjadi tetesan air dalam suhu tertentu.Uap itu biasanya berasal dari tabung kompresor yang tidak diketahui karena umumnya tidak terlihat. Jika uap menjadi air, walaupun cuma sedikit tetap berbahaya karena air dan oli tidak akan menyatu. 

BACA JUGA:Jangan Biarkan Motor Kesayanganmu Pakai Oli Lebih Encer, Dampaknya Begini

Efeknya cukup banyak, mulai dari menyebabkan slip kopling sampai berisiko menyebabkan mesin menjadi jebol.Tidak hanya uap, tekanan angin pada kompresor juga berisiko melepas kotoran yang sudah tersaring pada di filter oli. Ingat, rata-rata jenis kotoran di mesin berbentuk partikel yang ukurannya kecil. Jika tersemprot kotoran tersebut justru bisa kembali lepas dan akhirnya menempel ke sela-sela komponen mesin. Melihat penjelasan di atas, mulailah dari sekarang selalu melakukan cek berkala di bengkel resmi. 

BACA JUGA:Nggak Mahal, Segini Biaya Ganti Oli Motor Vario 125 Old Tiap Bulan, Cek juga Rekomendasinya

Montir-montir di bengkel resmi akan selalu mengerjakan perawatan dan perbaikan kendaraan dengan teknik yang tepat dan benar, termasuk saat mengganti oli sepeda motor matic Anda.

Berikut 8 oli terbaik untuk motor matic Vario 125:

1. Oli AHM MPX 2 Matic 10W-30 

Rekomendasi pertama adalah oli AHM MPX 2 Matic 10W-30 yang diproduksi oleh Astra Honda Motor. Oli seharga Rp37 ribuan ini sangat tepat untuk motor Vario 125 karena memiliki tingkat kekentalan yang pas. Dengan kapasitasnya sebesar 0,8 liter, oli ini bagus sekali untuk menghemat bahan bakar, namun tetap bertenaga.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Rajin Bersihkan Ini Biar Motor Ngacir

2. Oli Federal Matic 30

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: