Iklan dempo dalam berita

Jadi Rebutan, Ternyata Ini Tugas dan Tantangan Mitra Statistik BPS 2024, Tiap Bulan Terima Gaji Segini

Jadi Rebutan, Ternyata Ini Tugas dan Tantangan Mitra Statistik BPS 2024, Tiap Bulan Terima Gaji Segini

Tugas dan tantangan mitra statistik BPS--

2. Paham IT

Sensus Penduduk 2020 Lanjutan ini menggunakan dua metode, yaitu CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing) dan PAPI (Paper Assisted Personal Interviewing). Untuk di wilayah perkotaan akan menggunakan metode CAPI. 

Jadi, para petugas akan mewawancarai responden menggunakan aplikasi pada gadget. 

Tinggal klak-klik lalu submit dan send. Selesai. Makanya petugas di wilayah perkotaan harus melek atau paham IT, minimal dapat mengoperasikan aplikasi pada gadget-nya.

BACA JUGA:Rekomendasi 10 Villa Estetik yang Bisa Dijadikan Penginapan Saat Berkunjung ke Puncak Bandung

3. Pandai Negosiasi

Biasanya, tidak sedikit responden yang enggan untuk didata dengan berbagai alasan. 

Oleh karena itu, petugas sensus harus pandai melakukan negosiasi. Apabila si responden tidak ingin diwawancara siang hari, coba nego untuk wawancara di pagi, sore, atau malam hari. 

Akan tetapi, apabila si responden tidak bisa diwawancara di hari kerja, coba nego untuk wawancara di akhir pekan. Intinya, nego terus sampai si responden mau diwawancara dan dapat jawabannya.

4. Bisa Membaca Google Maps

Memang sih, tidak semua orang dapat membaca peta, khususnya peta di Google Maps. Namun, apabila kamu direkrut jadi petugas sensus, membaca peta merupakan skill yang wajib kamu miliki. Bukannya apa-apa, ketika bertugas ke lapangan, para petugas akan dibekali peta wilayah tugasnya. 

Di situ tertera batas-batas wilayah tugas lengkap dengan landmark-nya. Jangan sampai malah bertugas di tempat yang bukan wilayah tugasnya. 

5. Tulisan Bagus

Sebenarnya,  skill ini wajib dikuasai oleh petugas di wilayah yang menggunakan metode PAPI. 

Jadi, petugas sensus mewawancarai responden menggunakan kuesioner biasa yang ditulis tangan. Sehingga, penting bagi petugas sensus untuk memiliki tulisan yang bagus alias dapat dibaca dan tidak memalukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: