Iklan dempo dalam berita

Dampak Broken Home Rentan Merusak Mental Anak, Orang Tua Wajib Awasi Pergaulan Anak

Dampak Broken Home Rentan Merusak Mental Anak, Orang Tua Wajib Awasi Pergaulan Anak

--

Saat kondisi suami istri tidak lagi dalam hubungan yang harmonis, maka tentu saja akan memunculkan rasa egois dalam diri masing-masing yang lebih diutamakan. Jika tidak segera diatasi maka tentu saja anak menjadi korban yang paling utama.

3. Kurangnya Spiritual

Penggenalan agama tentu saja harus dilakukan sejak anak-anak masih berusia dini. Namun tentu saja hal ini akan  sangat jarang terjadi pada kondisi keluarga yang broken home. Orang tua tidak dapat menjalankan tugas yang sebagaimana harusnya. Sehingga anak-anak tidak dibekali atau dilengkapi dengan pondasi agama yang kuat sehingga menyebabkan tidak adanya pedoman hidup yang dapat mengarahkannya.

4. Permasalahan dengan Moralnya

Saat anak dalam masa pertumbuhan, anak yang selalu melihat orang tuanya bertengkar dan melakukan perilaku yang kasar didepannya, seiring dengan berjalannya waktu, juga akan melakukan tindakan seperti yang dilihat pada orang tuanya saat bertengkar. Anak akan berperilaku kasar, emosional, dan bertindak tidak terpuji lainnya dakam kingkungannya sehari- hari.

BACA JUGA:3 Tips Pola Hidup Sehat Buat Kaum Remaja Supaya Kesehatan Mental dan Fisik Seimbang, Masa Depan Ceria

Banyak cara untuk mencegah terjadinya broken home pada sebuah rumah tangga. Yang terpenting adalah komunikasi dan saling mendengarkan satu sama lain, selain itu kesanggupan mental dan fisik sebelum memulai pernikahan juga mendukung agar pasangan tidak terkejut dalam berumah tangga.

• Ciptakan suasana harmonis didalam rumah tangga

suasana harmonis bisa diwujudkan dengan saling meluangkan waktu untu saling sapa dalm satu waktu secara menyeluruh oleh anggota keluarga. Bahkan jika jarak saling berjauhan, sekarang komunikasi banyak mendapat kemudahan, mulai dari handphone, email, internet. Komunikasi yang buruk bisa menimbulkan broken home.

• Selalu terbuka

Apabila ada masalah dalam rumah tangga bisa dibicarakan dengan baik-baik dan mecari jalan keluar bersama pasangan. Jangan menilai buruk negatif pasangan kita, berikanlah solusi dan selesaikan bersama masalah yang ada sehingga permasalahan tidak semakin besar

• Beribadah bersama

Cara ini merupakan cara yang bisa digunaka didalam rumah, bersama-sama mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Broken home juga berdampak pada pergaulan anak, tidak jarang anak aakan melakukan hal- hal yang akan berdampak fatal untuk dirinya dan orang- orang disekitarnya. Dengan kata lain peran keluarga terhadap pergaulan anak remaja sangatlah berpengaruh. Kenakalan remaja bukanlah menjadi suatu masalah yang baru muncul, kenakalan remaja merupakan suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan dan hukum di dalam kehidupan.

BACA JUGA:Punya Mental Kuat dan Rasional, Ini Urutan Golongan Darah yang Cocok Jadi Pemimpin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: