Iklan dempo dalam berita

Ketahui 8 Penyebab Munculnya Komedo, Serta Cara Mengatasinya Secara Alami Tanpa Bahan Kimia

Ketahui 8 Penyebab Munculnya Komedo, Serta Cara Mengatasinya Secara Alami Tanpa Bahan Kimia

Ketahui 8 Penyebab Munculnya Komedo, Serta Cara Mengatasinya Secara Alami Tanpa Bahan Kimia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Komedo adalah bintik-bintik di kulit yang disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat. Dengan kata lain, minyak dan sel kulit mati berkumpul untuk menyumbat pori-pori wajahmu, lalu membentuk komedo.

Ada dua jenis utama komedo, yakni komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead). Umumnya, penyebab komedo putih adalah sebum berlebih, bakteri, dan sel kulit mati. Sementara itu, komedo hitam muncul ketika melanin di sel kulit mati teroksidasi. Maka, warnanya pun berubah menjadi hitam.

BACA JUGA:Pilih Skincare Untuk Hilangkan Komedo? Ini 6 Kandungan yang Harus Diperhatikan

Komedo memang lebih banyak muncul di wajah, seperti hidung, dahi, dan dagu. Namun, masalah kulit ini juga bisa muncul di punggung, leher, dada, dan pundak.

Berbagai Penyebab Komedo

Komedo terjadi ketika pori-pori di kulit wajah tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak dan terkadang bakteri. Para ahli belum tahu secara pasti mengapa pori-pori kulit bisa tersumbat. Namun, ada banyak faktor yang bisa memicu komedo muncul. Berikut beberapa penyebab komedo yang perlu diketahui:

BACA JUGA:Tidak Percaya Diri Karena Komedo? Tenang, Pakai Bahan Alami Ini Untuk Menghilangkannya dengan Segera

1. Genetik

Faktor keturunan menjadi penyebab komedo yang tidak bisa dihindari. Misalnya, bila orang tua cenderung memiliki kelebihan minyak di wajah serta hormon-hormon yang bisa membuat pertumbuhan jerawat yang parah, suka tidak suka kamu bisa mewarisi kondisi tersebut. 

Karena itu, apabila kamu memiliki wajah yang cenderung berminyak atau sering mengalami masalah jerawat yang parah, kamu harus lebih telaten dalam membersihkan dan merawat kulit wajah.

BACA JUGA:9 Tips Ampuh Mencegah Munculnya Komedo dan Cara Mengatasinya

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Berlemak dan Bergula

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi gula berperan dalam memicu munculnya bintik-bintik hitam pada pori-pori. Sisa lemak ataupun gula yang kamu konsumsi akan menjelma menjadi komedo yang timbul di kulit wajah, leher, dan bukan tak mungkin di punggung.

Beberapa jenis makanan berlemak yang bisa memicu tumbuhnya komedo adalah cokelat, es krim, kacang tanah, karamel dan susu. Jadi, batasi asupan makanan berlemak untuk menghindari timbulnya komedo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: