Iklan dempo dalam berita

Punya Masalah Komedo Membandel? Tenang, Cukup Pakai 5 Cara ini Komedo Hilang Seketika

Punya Masalah Komedo Membandel? Tenang, Cukup Pakai 5 Cara ini Komedo Hilang Seketika

Punya Masalah Komedo Membandel? Tenang, Cukup Pakai 5 Cara ini Komedo Hilang Seketika--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Komedo terbentuk ketika pori-pori tersumbat karena minyak (sebum) yang diproduksi kulit menumpuk dengan sel kulit mati. Tumpukan minyak ini kemudian mengeras di permukaan kulit sehingga menghasilkan titik-titik kecil yang disebut komedo.

Hampir semua orang pernah mengalami masalah komedo di kulitnya, mulai dari komedo ringan hingga komedo parah. Kalau tidak diatasi dengan benar, komedo ini bisa membuat warna kulit tidak merata dan menjadi penyebab munculnya jerawat.

BACA JUGA:Punya masalah Komedo Hitam di Wajah? Coba Gunakan Bahan Alami Ini, Komedo Hilang Permanen

Ada beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya komedo, antara lain karena produksi minyak yang berlebih, misalnya saat masa puber, saat menstruasi, atau pun saat mengonsumsi pil KB.

Selain itu, komedo juga bisa dipicu oleh penumpukan bakteri Propionibacterium acnes pada permukaan kulit, iritasi pada folikel rambut, dan obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid dan hormon androgen.

BACA JUGA:Angkat Komedo di Wajah dengan Cepat dan Tepat, Ini 4 Cara Mudahnya, Coba dan Buktikan!

Lantas, Bagaimaba Cara Jitu Mengatasi Komedo Parah dan Membandel?
Hal penting yang perlu Anda lakukan dalam mengatasi komedo adalah menahan untuk tidak memencet atau mengeluarkan komedo, karena ini justru bisa mengakibatkan isi komedo semakin terdorong ke dalam dan bakteri penyebab infeksi jadi masuk ke dalam pori-pori Anda. Memencet komedo juga meninggalkan bekas luka yang tidak enak dilihat.

Namun yang perlu Anda pastikan bahwa cara berikut ini untuk rutin mengaplikasikannya, agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo:

BACA JUGA:Ampuh Hilangkan Komedo dengan Putih Telur, Ini 5 Cara yang Bisa Dicoba di Rumah

1.  Mencuci Wajah Secara Rutin
Cara pertama ini harus dilakukan, karena sebenarnya ada dan tidak adanya komedo mencuci wajah memang wajib dilakukan. Menurut dokter kulit dan kelamin, mencuci wajah yang ideal adalah sebanyak dua kali sehari. Tentunya untuk mencuci wajah, Anda harus memilih pembersih yang lembut dan non-detergent agar aman.

2.  Terapi Uap
Menghilangkan komedo batu yang membandel juga bisa dilakukan dengan terapi uap. Terapi ini dapat membuka pori-pori wajah, sehingga segala macam bentuk kotoran yang menempel maupun menyumbatnya bisa terlepas keluar. Terapi uap tidak seperti yang Anda bayangkan, karena terapi ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.
Contohnya saja dengan menggunakan uap rebusan air. Caranya, rebus air hingga mendidih, kemudian tuangkan pada wadah yang lebar. Setelah itu, dekatkan wajah Anda dengan air rebusan dengan jarak 5-10. Nah, agar uap air tidak tidak merembes keluar, Anda bisa menggunakan handuk untuk menutup bagian kepala hingga wadahnya.

BACA JUGA:Murah dan Praktis, 2 Cara Menghilangkan Komedo Hanya dengan Pasta Gigi

3.  Mengompres Wajah dengan Air Hangat
Cara menghilangkan komedo selanjutnya adalah dengan mengompres wajah Anda dengan air hangat. Cara ini tergolong mudah dan murah, karena tidak membutuhkan banyak alat dan bahan. Anda bisa menggunakan handuk yang halus, kemudian rendam ke dalam air hangat. Setelah itu, peras handuk dan kompres area wajah yang berkomedo. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari, dengan begitu produksi minyak di wajah akan berkurang dan komedo akan hilang.

4.  Hindari Memencet Jerawat dan Komedo
Cara keempat cukup mudah, tetapi sangat sulit untuk dilakukan karena ketika ada jerawat pasti tangan Anda akan merasa gatal untuk memencetnya. Memang memencet komedo dengan tangan maupun alat sah-sah saja, namun hal tersebut tidak direkomendasikan oleh para ahli. Pasalnya, jika dilakukan dengan teknik yang tidak steril, bukan jerawat atau komedo yang hilang, tapi malah akan menimbulkan masalah baru yang lebih parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: