Iklan dempo dalam berita

Usia 18 Tahun Bisa Pinjam Rp15 Juta di Easycash, Ini Syarat dan Cicilan yang Harus Dibayar Tiap Bulan

Usia 18 Tahun Bisa Pinjam Rp15 Juta di Easycash, Ini Syarat dan Cicilan yang Harus Dibayar Tiap Bulan

foto istimewa dan hanya sebagai ilustrasi --

Penagihan juga dilarang melakukan dengan menggunakan pemaksaan secara fisik maupun verbal. Jika hal ini sampai terjadi, kamu bisa melaporkan segera.

3. Kemudian, dilarang menyebarkan data pribadi terkait proses penagihan utang

4. Tidak menagih ke pihak lain yang bukan berutang

Debt collector tidak boleh lagi melakukan penagihan kepada orang terdekat seperti orang tua, saudara dan teman dekat sebagai kontak darurat. 

5. Tidak boleh meneror 

Jadi, penagihan menggunakan sarana komunikasi dilarang dilakukan secara terus menerus yang bersifat mengganggu.

6. Selanjutnya, dalam proses penagihan ke debitur, DC diwajibkan membawa sejumlah dokumen. 

BACA JUGA:Pinjam Rp 20 Juta di KUR BNI Angsuran Per Bulan hanya Segini, Ini Tips Pengajuan Cepat Disetujui

Di antaranya kartu identitas, sertifikat profesi dari lembaga resmi, surat tugas dari perusahaan pembiayaan, dan bukti jaminan fidusia. Apabila nasabah mengalami cara penagihan yang tidak manusiawi dan dirugikan oleh debt collector dapat melapor kepada OJK atau Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Nah, AFPI merupakan organisasi yang mewadahi pelaku usaha pendanaan online yang ada di Indonesia. 

AFPI ditunjuk langsung oleh OJK sebagai asosiasi resmi penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis online pada tahun 2019. Secara jelas, baik OJK maupun AFPI melarang debt collector menggunakan kekerasan fisik maupun mental kepada debitur.

BACA JUGA:Butuh Pinjaman Modal Tanpa Jaminan? Ini Rekomendasi 7 Aplikasi Pinjol dengan Syarat Mudah Sudah Pasti Aman

Apabila dalam melakukan penagihan, DC tetap melakukan dengan cara kekerasan atau ancaman, maka DC tersebut dapat dijerat oleh Pasal 365 ayat (1) KUHP.

Cara Terhindar dari Ketergantungan Pinjol Ilegal. Berikut ini cara agar terhindar dari ketergantungan terhadap pinjol illegal, yakni:

1. Susun Perencanaan Keuangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan yakni menyusun perencanaan keuangan. Setiap permasalahan keuangan sebagian besar diakibatkan oleh kurangnya perencanaan yang baik. Perencanaan keuangan dapat memetakan secara tepat antara jumlah penerimaan atau penghasilan dan pengeluaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: